Kamis 31 Maret 2022, 11:15 WIB

Investasi Bisa Bantu Berangkatkan Jemaah Umrah

Budi Ernanto | Ekonomi
Investasi Bisa Bantu Berangkatkan Jemaah Umrah

DOK IST
Program reksa dana Insight.

 

PT Insight Investments Management (Insight) bekerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan beberapa mitra Agen Penjual Reksa Dana (APERD) pada pertengahan bulan ini memberangkatkan 39 orang jemaah terpilih dengan berbagai latar belakang profesi seperti guru, marbot masjid, buruh, dan satpam untuk menunaikan ibadah umrah ke Mekah, Arab Saudi.

Rasman (82 tahun), yang merupakan buruh asal Semarang, Jawa Tengah menyampaikan rasa syukur dan terima kasihnya karena melalui perantaraan Insight, dirinya diberikan kesempatan untuk melaksanakan umrah.

“Saya menerima telepon dengan perasaan itu benar-benar gembira dan bahagia yang tak terlukiskan. Semoga Allah SWT berikan perlindungan, keselamatan dan kelancaran untuk melaksanakan ibadah umrah ini,” ujar Rasman dalam acara manasik Umrah di salah satu Hotel di Tangerang, Banten, Jum’at (18/3).

Karena masih masa pandemi covid-19, pelaksanaan umrah dilangsungkan dengan menerapkan protokol kesehatan dan hanya bagi jemaah yang telah mendapatkan vaksin dengan dosis lengkap.

Dewan Pengawas Syariah (DPS) Insight Kanny Hidaya menyampaikan kepedulian terhadap lingkungan menjadi salah satu bidang yang diperhatikan oleh pihaknya.

“Oleh karena itu, kami mengajak para investor untuk InvestasiIN Terus Realisasiin Mimpi Umrah teman-teman dan berkontribusi sosial kepada sesama melalui produk-produk Reksa Dana Insight. Dengan mengusung prinsip Transforming Invetsments into Social Impact, Insight hadir untuk mencapai tujuan keuangan, serta membantu Indonesia mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan/Sustainability Development Goals (SDGs),” tutur Kanny.

Sebagai Informasi I-Hajj Syariah Fund adalah Reksa Dana Pendapatan Tetap Syariah yang memiliki strategi investasi ke Sukuk berdurasi pendek hingga menengah sehingga cenderung lebih stabil.

Baca juga: Alor Kini Miliki Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu Pertama di NTT

Reksa Dana itu memiliki tujuan investasi mendapatkan potensi pengembalian investasi yang stabil dan meningkat dalam jangka panjang, melalui investasi yang sesuai dengan prinsip syariah dengan mengacu pada Fatwa Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN MUI) melalui Dewan Pengawas Syariah PT Insight Investments Management.

Disebutkan Kanny, I-Hajj Syariah Fund secara konsisten mendapatkan penghargaan dan pengakuan dari berbagai pihak karena memiliki historikal performa yang sangat baik dan relatif stabil. Reksa Dana ini juga memberikan kinerja 5 tahun sebesar 43,07% lebih tinggi dibanding benchmark sebesar 34,69% periode Februari 2022.

“Selain memberangkatkan saudara-saudara kita yang belum mampu untuk ibadah ke Tanah Suci, Insight juga terus berkomitmen membantu dan menjangkau masyarakat yang lebih luas untuk meningkatkan kegiatan kesejahteraan dalam program CSR (Corporate Social Responsibility) yang berdampak positif bagi lingkungan melalui produk-produk Reksa Dana Insight lainnya,” kata Kanny.

Sementara itu pimpinan Baznas Bidang Pengumpulan, Rizaludin Kurniawan, turut menyambut baik inisiasi Insight melalui produk Reksa Dana Insight Haji Syariah (I-Hajj Syariah Fund) yang telah memberangkatkan umrah guru dari kalangan tidak mampu. 

"Alhamdulillah, Baznas sangat menyambut baik kerja sama program Insight dalam memberangkatkan jamaah umrah, terlebih yang diberangkatkan adalah para guru dari kalangan tidak mampu dari berbagai pelosok daerah di Indonesia. Ini tentu menjadi kabar baik, melihat kepedulian dari Insight kepada kalangan tidak mampu yang ingin sekali ke Tanah Suci namun mengalami keterbatasan biaya," kata Rizaludin.

Insight sendiri merupakan manajer investasi dengan beragam produk reksa dana, salah satunya adalah produk Reksa Dana Insight Haji Syariah (I-Hajj Syariah Fund) yang menyisihkan maksimal 1% per tahun dari Nilai Aktiva Bersihnya untuk memberangkatkan lebih dari 600  orang jamaah Haji dan Umrah sejak tahun 2005. 

Reksa Dana Insight Haji Syariah (I-Hajj Syariah Fund) dirancang agar para investor yang membeli Reksa Dana I-Hajj Syariah Fund, secara tidak langsung ikut membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan dari sisi ekonomi, namun memiliki kontribusi di masyarakat untuk dapat melaksanakan ibadah Haji atau Umrah. (R-3)

Baca Juga

Dok.Ist

MR.DIY Hadirkan Toko ke 400 di Labuan Bajo

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 07:00 WIB
 Dalam lima tahun terakhir, MR.DIY secara pesat terus menambah jumlah...
Dok.South Pacific Viscose

South Pacific Viscose Tampilkan Produk Serat Ramah Lingkungan di Indointertex-Inatex 2022

👤Antara 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 22:27 WIB
Kedua merek serat yang didistribusikan SPV di Indonesia, TENCEL™ dan LENZING™ECOVERO™, berbahan dasar kayu yang...
ANTARA/NOVA WAHYUDI

Pemerintah Ubah Tarif Batas Bawah Bea Keluar CPO

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 21:56 WIB
"PMK 123 ini mengatur perubahan batas bawah pengenaan tarif bea keluar CPO dan produk turunannya yang semula US$750 per metrik ton...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya