Sabtu 19 Maret 2022, 22:18 WIB

Produk Murah, Bermutu dan Menarik Diburu Konsumen juga Investor 

Cahya Mulyana | Ekonomi
Produk Murah, Bermutu dan Menarik Diburu Konsumen juga Investor 

MI/Susanto
Peserta mempresentasikan usahanya di hadapan panelis pada program Juragan Jaman Now Metro TV

 

PROGRAM Juragan Jaman Now memberikan suguhan gagasan berikut tuntunan berwirausaha bagi masyarakat. Berbisnis sangatlah mudah dilakukan sekalipun oleh pemula. 

Kuncinya selain memiliki tekad kuat, calon pengusaha harus mampu menyuguhkan produk yang bermutu dengan harga kompetitif dan kemasan yang menarik. Contohnya salah satu peserta program ini yakni seorang penjual jus, Reeza, dengan nama usahanya Jusbox mampu menarik minat para panelis. 

Para panelis merupakan calon investor yang menuntut seluruh peserta program ini memberikan pemaparan produk masing-nasing yang menarik. Termasuk prospek barang dagangan para peserta harus mampu mencakup pangsa pasar yang luas. 

Salah satu peserta, Reeza, pebisnis jus buah-buahan menawarkan harga murah yakni Rp15.000 untuk satu gelas dengan takaran 550 mililiter. Padahal produk serupa di pasaran dipatok dengan harga Rp20.000. 

"Kita berupaya kompetitif tanpa mengubah mutu, bahkan dapat lebih baik dari kompetitor," kata Reeza saat memaparkan barang dagangannya di hadapan empat panelis, Irwan Mussry, Reino Barack, Rex Marindo dan Anandita Makes, ditayangkan MetroTV Sabtu (19/3). 

Ia mengajak investor untuk dapat berinvestasi Rp150 juta yang akan digunakan untuk pembukaan cabang Jusbox baru. Landasannya, produknya akan lebih mudah diterima masyarakat dan bersaing dengan kompetitor. 

"Termasuk mutunya karena bahan utamanya buah-buahan yang fresh. Untuk menekan harga produksi kita stok langsung dari petani," pungkasnya. 

Baca juga : Siap Masuki Pasar Digital, Perempuan Pelaku UMKM Jamu Gendong Butuh Dukungan 

Tiga orang panelis sangat tertarik dengan prospek bisnis Reeza. Rex Marindo mengaku memiliki niat untuk menjadi pemodal Jusbox. 

"Jika saya inves Rp150 (juta) untuk korporasi dan saya juga nantinya akan mendorong pembukaan store-store baru," terangnya. 

Sementara dua panelis lainnya, Anandita Makes dan Reino Barack, keduanya mengaku ingin bergabung juga mengembangkan bisnis ini. 

"Selain kemasan menarik, murah, jus juga merupakan sajian yang sehat," pungkasnya. 

Namun di akhir acara seluruh panelis menyatakan siap menjadi investor untuk Jusbox. Dengan ketertarikan ini, Jusbox akan dapat lebih leluasa mengembangkan bisnis termasuk menambahkan gerai atau toko cabang baru. 

Dua peserta lain, Ratih penjual Tekwan instan dan Lulu mendagangkan makanan khas Yogyakarta, Ayam Nikung. Para panelis menilai bisnis yang digeluti Ratih kurang prospektif karena produknya kurang menarik untuk lidah masyarakat umum. 

Ia pun tidak diberikan tambahin modal yang diminta yakni Rp47 juta untuk pengembangan bisnis tersebut dan dieliminasi. Untuk Lulu, pemilik usaha dengan nama perusahaan Tungku Uti Nani diberikan kesempatan dengan mendapatkan tambahan modal Rp8 juta ditambah investasi dari Reino Barack dengan pembagian keuntungan 60-40%. (OL-7)

Baca Juga

Dok Modernland

Saat Pandemi, Modernland masih Mampu Catat Laba Rp458 M

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:10 WIB
Perseroan membukukan penjualan pemasaran Rp1,4 triliun. Segmen residensial mendominasi dengan Rp1,1 triliun, meski turun 18% ketimbang...
MI/BENNY BASTIANDY

Masuk Status Darurat, Daerah Dapat Geser Anggaran untuk Wabah PMK

👤 Indriyani Astuti 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 18:15 WIB
Untuk melakukan pergeseran anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kepala daerah dapat melakukan perubahan Peraturan Kepala Daerah...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Indonesia Ajak Negara Lain Berkontribusi pada Dana Perantara Keuangan

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 17:50 WIB
FIF diharapkan dapat diluncurkan secara formal dan beroperasi pada September...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya