Rabu 02 Maret 2022, 09:46 WIB

Hampir 10 Ribu Kamar Hunian di Mandalika Ludes Dipesan

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Hampir 10 Ribu Kamar Hunian di Mandalika Ludes Dipesan

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Hotel Pullman di Mandalika

 

PENYELENGGARAAN MotoGP Mandalika 2022 bisa memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Hal ini tercermin dari tingkat hunian yang sudah dipesan masyarakat hampir mencapai 10 ribu kamar.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan angka keterisian hunian di kawasan Mandalika dan sekitarnya telah menembus 9.855 unit pemesanan dari 17.833 kamar yang tersedia.

"Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) berencana menjalin kerja sama dengan daerah lain karena angka hunian ini sudah melewati 50% dari (kapasitas) kamar yang tersedia," ungkapnya dalam Weekly Briefing virtual, Selasa (1/3).

Untuk target penjualan tiket telah diturunkan pemerintah, dari sebelumnya 100 ribu penonton menjadi 60 ribu penonton karena pertimbangan penerapan PPKM di sejumlah daerah di Indonesia mengingat ada kenaikan kasus covid-19.

Sandiaga menambahkan, dari 70 ribu tiket pesawat yang disediakan untuk calon penonton MotoGP, sudah terjual lebih dari 15 ribu tiket.

"Diharapkan angka ini akan terus meningkat seiring dengan kepastian tersedianya akomodasi dan transportasi dengan harga yang terjangkau," harapnya.

Baca juga: Sandiaga: Hotel di Mandalika Boleh Naikkan Harga hingga 3 Kali Lipat

Selain itu, untuk menunjang dan mempromosikan pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022 yang tinggal dua minggu lagi, Sandiaga telah menyiapkan sejumlah side events seperti Touring Road To MotoGP 2022 yang berkolaborasi dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI), Touring Mandalika Wonderful Ride dan lainnya.

"Ini harapannya untuk showcasing etalase produk-produk ekonomi kreatif," pungkasnya.

Dalam kesempatan serupa, Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf Rizki Handayani telah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan untuk mengatur alur transportasi darat di sekitar Sirkuit Mandalika pada pelaksanaan MotoGP Mandalika 18-20 Maret 2022.

Pemerintah akan mengutamakan angkutan umum, seperti bus untuk mengangkut penonton MotoGP dari simpul-simpul transportasi.

"Karena tidak semua mobil bisa masuk ke kawasan sirkuit Mandalika, jadi kami mendorong kendaraan umum di sana," kata dia.(OL-5)

Baca Juga

Antara/M Risyal Hidayat

Pengurus Hotel dan Restoran Konsolidasi di Jogja

👤Mediandonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:51 WIB
Privy mengenalkan sekaligus mensosialisasikan produk Privypass sebagai salah satu fungsi identitas digital terverifikasi dalam...
Ist

Berbisnis Juga Perlu Jaga Kelestarian Lingkungan dan Sosial 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:38 WIB
Dalam berbisnis diperlukan suatu keseimbangan untuk mencapai profit sambil menjaga kelestarian lingkungan dan...
Dok.Ist

Jambaran-Tiung Biru Pertamina EP Cepu  Resmi Salurkan Energi Untuk Jatim dan Jateng

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:22 WIB
JTB akan memasok gas sebesar 192 MMSCFD untuk kebutuhan pembangkit listrik dan industri di wilayah Jawa Timur serta Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya