Senin 31 Januari 2022, 23:32 WIB

Supermal Karawaci Optimistis Sektor Retail Membaik di 2022 

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Supermal Karawaci Optimistis Sektor Retail Membaik di 2022 

Dok. Pribadi
Pusat perbelanjaan supermal karawaci

 

KEBERHASILAN pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19, turut mendongkrak kinerja bisnis retail. Meski belum sepenuhnya pulih, namun saat ini perkembangan bisnis retail berangsur-angsur membaik. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata kunjungan ke pusat perbelanjaan pada 2021 sebesar 60% jika dibandingkan dengan rata-rata tingkat kunjungan pada 2020 yang hanya sekitar 50%. 

Dengan capaian vaksinasi dosis pertama yang telah mencapai lebih dari 70%, vaksinasi lansia lebih dari 60%, vaksinasi anak yang telah dimulai, beberapa area publik yang telah dibuka kembali, berdampak kepada mulai menggeliatnya aktivitas sosial masyarakat. Jika kondisi dapat berjalan dengan kondusif, industri retail dapat menemukan kembali ritmenya kembali. 

“Jika kondisi pandemi dapat berangsur membaik, kami optimis bahwa sektor retail akan dapat berangsur-angsur pulih,” kata Direktur Supermal Karawaci, Eddy Halim 

Melihat peluang ini, Supermal Karawaci terus berusaha untuk lebih kreatif agar tetap bertahan. Salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat dan merangkul para tenant untuk duduk bersama mencari solusi sehingga tenant dapat menjalankan usahanya dengan baik.  

“Ini adalah salah satu usaha untuk menjaga stabilitas bisnis melalui focus business belanja on line,” jelasnya.   

Supermal berupaya menyelaraskan program dengan kebijakan pemerintah yang dinamis. 

“Mengingat belum dapat dipastikannya kondisi pandemi berlalu, namun untuk tetap menjadi mall pilihan pengunjung, kami menggelar program-program tematik,” imbuh Eddy Halim. 

Supermal menggelar event tematik pada saat high season di antaranya diskon Imlek dan persiapan Lebaran yang sebentar lagi tiba. 

Baca juga : Mitratel Raih Penghargaan IPRA 2022

“Kami berusaha memberikan pengalaman berbelanja yang diharapkan oleh pengunjung kami dengan tetap menghindari potensi kerumunan dan tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat,” katanya. 

Saat ini Supermal Karawaci menempatkan ratusan sensor tubuh, dan hand sanitizer di setiap pintu masuk (atau jumlah/angka lokasi penyediaan ). Supermal Karawaci juga senantiasa mewajibkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi.   

Tantangan lain yang dihadapi mal ialah channel e-commerce. Hal ini akibat pembatasan mobilitas sebagai salah satu dampak pandemi. 

“Tapi sifat dari e-commerce yang single dimension tetap memberikan peluang untuk bisnis shopping center,” kata Eddy. 

Tidak semua barang dapat dibeli hanya dengan melihat spesifikasi yang tertera di dalam deskripsi, orang ingin merasakan langsung dengan inderanya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli. Selain itu orang pergi ke mall tidak hanya untuk membeli barang yang diperlukan, namun lebih ke mencari rekreasi. 

“Oleh karena itu, experience inilah yang kami tawarkan kepada pengunjung kami," tegasnya. 

Supermal melihat fenomena e-commerce sebagai peluang untuk dapat meningkatkan awareness netizen mengenai eksistensi mal. Melalui beberapa channel media sosial seperti instagram dan Tiktok, Reel team digital marketing kami secara rutin membuat konten berisikan experience yang bisa didapatkan jika berkunjung ke Supermal Karawaci. (RO/OL-7)

Baca Juga

DOK Pribadi.

Industri Tekstil Bertahan di tengah Pandemi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 19:02 WIB
Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) tetap bertahan selama pandemi, bahkan menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi...
Dok. SRC

UMKM Punya Kontribusi Besar, Sampoerna Konsisten Tingkatkan Dukungan agar UMKM Naik Kelas

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 19:00 WIB
Airlangga melanjutkan, melalui PEN pemerintah menghadirkan berbagai bentuk dukungan untuk UMKM yang terdampak...
MI/HARYANTO

Semen Gresik Gunakan 100% Gypsum Murni dalam Proses Produksi

👤Haryanto 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 18:35 WIB
Pemanfaatan gypsum murni merupakan hasil dari penyerapan produk industri lainnya yang mampu menghemat penggunaan sumber daya alam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya