Selasa 18 Januari 2022, 19:27 WIB

Ubah Pemberian Subsidi Listrik, Pelanggan Bakal Dapat Voucher

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Ubah Pemberian Subsidi Listrik, Pelanggan Bakal Dapat Voucher

ANTARA FOTO/Reno Esnir
Warga memeriksa meteran listrik di kompleks rumah susun (Rusun) Petamburan, Jakarta

 

PEMERINTAH berencana mengubah skema pemberian subsidi listrik dengan cara langsung kepada pelanggan PLN. Mereka yang menerima bantuan subsidi listrik akan menerima voucher.

Direktur Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menegaskan, voucher tersebut tidak bisa digunakan untuk kebutuhan lain selain pembayaran listrik.

"Nantinya bagi yang berhak disubsidi tadi yang langsung dikasih kupon atau voucher," ujarnya saat konferensi pers virtual, Selasa (18/1).

Rencana tersebut tengah digodok mekanismenya oleh Kementerian ESDM. Misalnya, seperti apa cara dan penyaluran, kapan mulai diberlakukan. Lalu yang terpenting kepada siapa subsidi langsung ini diberikan.

Baca juga: Mendag: Ekspor 2021 Indonesia Tertinggi Sepanjang Sejarah

Pasalnya, Rida menjelaskan, masih ada persoalan data penerima bantuan listrik tersebut. Data yang digunakan pihaknya saat ini berasal dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial per Oktober 2020.

Padahal, data tersebut harus diverifikasi dengan tepat agar yang menerima bantuan subsidi secara langsung tepat sasaran.

"Kita mesti verifikasi ke lapangan. Meski sudah ada pencocokan data, sudah dicek data PLN, tetapi namanya data ya pasti sulit mengatakan sempurna. Kita pun buka posko pengaduan yang sudah berjalan," tutupnya.

Seperti diketahui, untuk mendapatkan subsidi listrik selama ini, diskon yang diberikan PLN melalui pemotong tagihan rekening listrik pelanggan bagi pelanggan pascabayar. Sementara, bagi pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

Diskon harga listrik diberikan kepada pelanggan berdaya 450 VA sebesar 50%. Sedangkan, pelanggan 900 VA mendapat potongan 25%. (OL-4)

Baca Juga

DOK Sinar Mas Land.

Southgate Residence Beri Keringanan Pembelian Apartemen Bersama Jendela360

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:11 WIB
Kerja sama itu diluncurkan pada Southgate Expo pada 21-29 Mei 2022 di Main Atrium AEON Mall...
Ilustrasi

Transisi Menuju Endemi, Industri Pernikahan Perlahan Mulai Bangkit

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 17:00 WIB
Kebangkitan industri pernikahan disebutkan oleh Peter mampu memberikan efek domino terhadap perbaikan ekonomi pasca pandemi...
MI/Permana Pandega

Teten : Kopi Jadi Komoditas Unggulan, 96% Perkebunan Dikuasai Petani

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 21 Mei 2022, 16:45 WIB
"Kopi dan rempah adalah komoditas unggulan negara kita yang harus dikelola baik. Harus dikuasai inovasi teknologinya, punya nilai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya