Selasa 11 Januari 2022, 18:56 WIB

Tren Penerbangan Meningkat, Kondisi Pilot Jadi Perhatian Utama Menhub 

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Tren Penerbangan Meningkat, Kondisi Pilot Jadi Perhatian Utama Menhub 

Antara/Basri Marzuki
Pesawat bersiap lepas landas di Bandara Kasiguncu, Poso, SUlawesi tengah

 

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan agar aspek keselamatan tetap terjaga menghadapi tren penerbangan yang mulai meningkat setelah sempat terpuruk akibat pandemi Covid-19. Kondisi pilot menjadi perhatian pihaknya. 

Hal tersebut disampaikan Menhub saat membuka Kongres Ke-7 Ikatan Pilot Indonesia bertema 'Together To Achieve Higher Level' secara daring, Selasa (11/1). 

Menhub mengatakan, sejak awal pandemi di 2020, industri penerbangan mengalami tren penurunan hingga minus 20% dibanding sebelum pandemi. Namun kondisinya kini sudah mulai kembali meningkat hingga 60-70%. 

“Selain pesawat yang sudah lama tidak beroperasi, juga kondisi pilot yang sudah lama tidak terbang menjadi perhatian utama,” kata Menhub dalam keterangannya, Selasa (11/1). 

Menhub menjelaskan, semua pihak harus memastikan proses pemulihan industri penerbangan dapat berjalan dengan baik, salah satunya dengan memperhatikan kondisi kru penerbangan. 

Baca juga : Erick Thohir: Korupsi di Garuda Indonesia Tak Ganggu Restrukturisasi

“Harus diperhatikan kompetensi, lisensi, kesiapan mental, fisik, dan kesehatan mereka. Semua harus dipersiapkan dengan baik,” tambahnya. 

Budi meminta Ikatan Pilot Indonesia ikut berkontribusi membantu pemerintah untuk mengingatkan para anggotanya, karena kondisi pilot sangat berpengaruh terhadap keselamatan penerbangan. 

“Tetap berfikir positif dan terus memberikan dukungan. Ini penting untuk dilakukan, sehingga ekosistem penerbangan kita dapat benar-benar pulih dari pandemi,” harap Budi. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Ikatan Pilot Indonesia Iwan Setyawan mengatakan, selaku organisasi profesi yang menaungi para pilot, pihaknya berkomitmen untuk menjaga keselamatan penerbangan dan berupaya membantu pemulihan ekonomi di sektor penerbangan. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Aditya Pradana Putra

Mendag Sebut Harga Bahan Pokok Berangsur Turun 

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 18 Januari 2022, 23:58 WIB
Saat ini, dia katakan, harga barang pokok sudah berangsur turun signifikan. Harga cabai rawit merah saat menjelang Nataru sempat tembus...
DOk. HCMl

Lapangan Gas MAC HCML Siap Berproduksi 

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 18 Januari 2022, 22:50 WIB
Saat ini, perusahaan sudah menandatangani perjanjian jual beli gas dengan PT Petrokimia Gresik, PT Bayu Buana Gemilang, dan PT Inti...
Antara/Fakhri Hermansyah

Gunung Prisma Dorong Penerapan Ekonomi SIrkular di Industri Baja 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 18 Januari 2022, 22:48 WIB
"Melalui penyediaan bahan konstruksi berbahan baja yang didapatkan dari produsen dengan teknologi hijau dan solusi yang berkelanjutan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya