Rabu 05 Januari 2022, 13:34 WIB

Petani Kopra di Maluku Tenggara Sambuat Baik Harga Meningkat sejak Adanya Tol Laut

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Petani Kopra di Maluku Tenggara Sambuat Baik Harga Meningkat sejak Adanya Tol Laut

Antara/Akbar Tado
Ilustrasi

 

Sejumlah petani kopra di Kabupaten Maluku Tenggara menyatakan harga komoditi kopra di daerah terluar Provinsi Maluku tersebut terus meningkat sejak layanan Tol Laut mencapai Pulau Kei Besar pada 2020.

"Harga kopra saat ini sudah paling bagus, kopra yang kita hasilkan dibeli dengan harga Rp8.000 per kilogramnya," kata petani kopra, Amandus di Kecamatan Kei Besar, Rabu.

Kopra atau daging buah kelapa yang dikeringkan merupakan salah satu bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Banyak warga di Pulau Kei Besar tetap menjadi petani kopra seiring harganya yang makin baik, dan didukung banyaknya tanaman kelapa yang tumbuh merata di daerah tersebut.

Amandus adalah salah satu petani kopra di Kei Besar yang mengaku merasa puas atas harga kopra saat ini. Sebelumnya, kopra di daerah tersebut hanya dihargai Rp3.000 per kilogram.

"Harga kopra dulu kita peroleh hanya Rp3.000 per kilogramnya. Itu sangat berbeda jauh dengan harga saat ini, dimana sangat membantu kami dalam kebutuhan ekonomi kami," katanya.

Harga kopra mulai beranjak naik sejak masuknya Kapal Tol Laut di Pelabuhan Elat Kei Besar. Dengan begitu, kopra yang jadi komoditi andalan di Kei Besar lebih mudah pemasarannya dan ongkos pengangkutannya lebih murah dengan kapal Tol Laut.

Pelabuhan Elat masuk sebagai jalur tol laut sejak diresmikan oleh Bupati Malra M Thaher Hanubun pada Mei 2020. Thaher Hanubun masih ingat prosesi penyambutan kapal Tol laut perdana yang masuk di pelabuhan tersebut.

"Masuknya tol laut menjadi titik terang kemajuan di Pulau Kei Besar secara keseluruhan karena akan berpengaruh pada distribusi barang dan jasa, sehingga berpengaruh pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," ujar Thaher.

Baca Juga

AFP

RAPBN 2023: Asumsi ICP US$90 per Barel, Lifting Minyak Turun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 17:48 WIB
Ketidakpastian global yang dipicu perang Rusia-Ukraina, turut memengaruhi pemerintah dalam merumuskan asumsi ICP, serta target lifting...
Istana Kepresidenan/Agus Suparto

APBN 2023 Difokuskan pada Lima Agenda Utama

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 17:37 WIB
Belanja Negara dalam RAPBN 2023 direncanakan sebesar Rp3.041,7 triliun yang meliputi, belanja pemerintah pusat sebesar Rp2.230,0 triliun,...
ANTARA FOTO/	M RISYAL HIDAYAT

Alokasi Anggaran Bansos Naik untuk Dukung Inisiatif Program Kemensos

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 16:53 WIB
Anggaran perlindungan sosial dalam RAPBN 2023 diusulkan menjadi Rp479,1 triliun, naik dari tahun sebelumnya yang berkisar Rp431...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya