Kamis 16 Desember 2021, 05:53 WIB

Kurs Dolar AS Menguat Usai Pernyataan Federal Reserve

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Kurs Dolar AS Menguat Usai Pernyataan Federal Reserve

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi mata uang dolar AS

 

Kurs dolar AS terhadap sekeranjang mata uang utama lainnya menguat di akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB) setelah Federal Reserve AS menyatakan akan mengakhiri pembelian obligasi era pandemi pada Maret dan membuka jalan bagi kenaikan suku bunga tiga perempat poin persentase pada 2022.

Indeks dolar yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama saingannya naik 0,2 persen pada hari ini menjadi 96,737 tak lama setelah pengumuman Fed.

Para pejabat Fed juga memperkirakan inflasi akan mencapai 2,6 persen tahun depan, dibandingkan dengan 2,2 persen yang diproyeksikan pada bulan September.

Pergerakan indeks terhadap mata uang utama datang dengan mengorbankan, antara lain euro, yen Jepang, dan pound Inggris.

Sebelum pengumuman, dolar telah diperdagangkan dalam kisaran sempit sepanjang hari dan mendekati level tertinggi dalam lebih dari setahun.

Greenback telah didukung oleh ekspektasi bahwa suku bunga AS akan naik lebih cepat daripada di negara lain. The Fed bergerak lebih cepat ketimbang Bank Sentral Eropa (ECB), misalnya, untuk menarik kembali dukungan moneter bagi perekonomian dalam menghadapi pandemi virus corona yang berkembang.

ECB dan bank sentral Inggris (BoE) akan mengadakan pertemuan kebijakan mereka pada hari Kamis waktu setempat.

Euro turun 0,1 persen terhadap dolar pada 1,1241 dolar AS pada pukul 19.11 GMT. Terhadap yen Jepang, dolar naik 0,5 persen menjadi 114,105 yen per dolar. Pound Inggris melemah 0,2 persen menjadi 1,3202 dolar AS. (Ant/OL-12)

Baca Juga

Ist/DPR

DPR Harap Bendungan Mujur Terintegrasi dengan Mandalika

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 12:53 WIB
Anggota Komisi V DPR RI Mulyadi mengatakan masyarakat Lombok tengah berharap pembangunan bendungan mujur harus segera terealisasi dan...
Ist

B20 Dukung Inklusi Keuangan dan Pemberdayaan UMKM dan Petani

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 03 Juli 2022, 12:44 WIB
Kadin Indonesia yang menjadi penyelenggara B20 Indonesia menjadikan isu inklusi keuangan dan pembiayaan UMKM sebagai pilar utama...
ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

DPR Minta Pertamina Sosialisasikan Aturan Pendaftaran Penerima BBM Subsidi  Secara Masif

👤Despian Nurhidayat 🕔Minggu 03 Juli 2022, 12:38 WIB
"Saya minta agar ada sosialisasi yang masif dan penerapannya secara bertahap sehingga memberikan kesempatan bagi para konsumen untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya