Senin 06 Desember 2021, 20:24 WIB

KPPU Dukung Upaya Pemerintah Stabilkan Perekonomian

mediaindonesia.com | Ekonomi
KPPU Dukung Upaya Pemerintah Stabilkan Perekonomian

Ist
Webinar bertajuk ‘Peran KPPU Dalam Mendukung Kebijakan Pemerintah Guna Menjaga Stabilitas Ekonomi Menjelang Nataru, Senin (6/12).

 

KOMISI Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) merespons positif upaya pemerintah dalam memulihkan perekonomian nasional jelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru). 

Direktur Advokasi Persaingan dan Kemitraan KPPU Zulfirmansyah mengatakan, pihaknya mempunyai peran dalam mendukung upaya pemerintah dalam menstabilkan perekonomian nasional.

Menurutnya, KPPU terus melakukan koordinasi dengan pihak kementerian maupun stakeholder terkait dengan pengawasan harga bahan pokok.

“Kami terus memberikan saran pertimbangan untuk pemerintah dalam hal ini kementerian untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam menstabilkan harga bahan pokok,” kata Zulfirmansyah dalam webinar bertajuk ‘Peran KPPU Dalam Mendukung Kebijakan Pemerintah Guna Menjaga Stabilitas Ekonomi Menjelang Nataru, Senin (6/12/2021).

Tak hanya itu, KPPU juga turut mengawal beberapa pihak yaitu pelaku usaha untuk tetap berjalan di koridornya dalam menetapkan harga bahan pokok.

Namun, Zulfirmansyah menuturkan, KPPU sebagai sarana untuk memberikan saran pertimbangan serta pengawasan terhadap pelaku usaha.

“KPPU terus mengawasi persaingan tidak sehat terhadap pelaku usaha bahan pokok, yang bisa merugikan usaha menjelang Nataru,” ujarnya.

KPPU tidak bisa ikut dalam menentukan harga bahan pokok, tetapi KPPU sebagai sarana memberikan saran pertimbangan untuk menetapkan misalnya harga eceran tertinggi

Sementara itu, Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan mengatakan Kemendag memastikan stok bahan pokok untuk menghadapi Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 tercukupi.

“Dengan rata-rata kecukupan stok barang bahan pokok untuk setengah bulan, dan Kemendag juga sudah melakukan beberapa langkah untuk menstabilkan harga bahan pokok menjelang Nataru,” ujar Oke Nurwan.

Tak hanya itu, Kemendag akan menggelar operasi pasar dan pasar murah untuk menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok jelang Nataru.

“Untuk menjaga pelaku usaha yang nakal, kita rutin menggelar operasi pasar dan pasar murah demi mencukupi stok kebutuhan Nataru,” ucapnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/ Abdillah M Marzuqi

Menkop UKM Tegaskan Tak Ada PEN dalam Bentuk Bantuan Ternak di NTB

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Rabu 26 Januari 2022, 23:47 WIB
Yang ada hanyalah bantuan hibah untuk Pedagang Kaki Lima (PKL) dengan jumlah bantuan Rp1 Juta per...
Dok. Pupuk Indonesia

Pupuk Indonesia Perkuat Proses Distribusi dan Pengawasan dengan Teknologi Digital 

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:49 WIB
Selain dapat mengawasi proses distribusi, sistem yang dinamai Distribution Planning & Control System (DPCS) itu juga mampu mengetahui...
MI/Haryanto Mega

Menaker Dorong BUMN dan Swasta Pekerjakan Penyandang Disabilitas 

👤Mohamad Farhan Zhuhri 🕔Rabu 26 Januari 2022, 22:15 WIB
Pada 2021, sebanyak 1.271 penyandang disabilitas telah bekerja di 72 Badan Usaha Milik Negara dan 4.554 penyandang disabilitas telah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya