Jumat 03 Desember 2021, 15:50 WIB

Komitmen Investasi di Kawasan Industri Kaltara Capai Rp1.800 Triliun

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Komitmen Investasi di Kawasan Industri Kaltara Capai Rp1.800 Triliun

DOK MI.
Ilustrasi.

 

PEMERINTAH tengah melakukan percepatan pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) di Tanah Kuning, Kalimantan Utara (Kaltara). Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan proyek tersebut pada Kamis (16/12).

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan A Djalil menuturkan, sudah ada rencana investasi jumbo yang akan masuk di kawasan Tanah Kuning. Oleh sebabnya, perlu didukung penuh dalam pembangunannya guna membuka keran investasi.

"Sampai hari ini proyeknya belum groundbreaking, tetapi yang sudah komitmen sekitar US$130 miliar, kalau dirupiahkan sekitar Rp1.800 triliun. Artinya sudah antre (investor), padahal proyeknya belum ada. Jadi, betapa besar potensinya daerah ini," kata Sofyan dalam keterangan resmi, Jumat (3/12).

Menteri ATR/Kepala BPN menegaskan dukungan terhadap pembangunan kawasan industri ini dengan membantu melakukan pembebasan lahan. "Saya siap mendukung apa saja yang dapat kita dukung sehingga dapat menciptakan ruang investasi yang luar biasa di sini," ucapnya.

Sofyan bersama Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendatangi langsung KIPI Tanah Kuning pada Kamis (2/12). Kunjungan kali ini untuk melihat kesiapan groundbreaking di kawasan industri tersebut. "Jadi, perencanaannya sudah beberapa waktu lalu. Nanti ada sembilan perusahaan dari mancanegara yang akan investasi di sana. Kami berharap bisa berjalan dengan baik," kata Luhut.

Baca juga: Jarang Disadari, Ini 4 Tren di 2021 yang Bisa Bikin Tambah Cuan

Luas kawasan industri yang ada di Tanah Kuning mencapai 10.100 hektare dan ditetapkan sebagai Program Strategis Nasional (PSN). Kedua menteri bersama rombongan pun meninjau salah satu wilayah di kawasan Hak Guna Usaha (HGU) 34 yang berada di Desa Mangkupadi Kabupaten Bulungan, KIPI Tanah Kuning. (OL-14)

Baca Juga

Antara/Indrianto Eko Suwarso

PLN Beberkan Sejumlah Masalah dalam Perdagangan Emisi Karbon 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:58 WIB
"Oleh karena itu, ketentuan mengenai mekanisme implementasi cap, trade and tax dibutuhkan sebagai rujukan bagi PLN sebagai persiapan...
Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Paparkan Strategi Indonesia Wujudkan Ekonomi Hijau di World Economic Forum 

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 20 Januari 2022, 22:46 WIB
Menurutnya, laju deforestasi turun signifikan sampai 75 persen pada periode 2019-2020, di angka 115 ribu...
Ist/Kementan

Panen Awal Tahun Bersama Perwakilan FAO, Mentan Pastikan Stok Beras Aman

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 21:02 WIB
Mentan Syahrul Yasin Limpo menyebut bahwa produktivitas padi di Karawang selama ini telah berkontribusi maksimal memperkuat stok beras...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya