Selasa 30 November 2021, 21:43 WIB

Sinergi Antar Instansi Dorong Percepatan Pertumbuhan Logistik Daerah Topang Perkembangan E-Commerce

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Sinergi Antar Instansi Dorong Percepatan Pertumbuhan Logistik Daerah Topang Perkembangan E-Commerce

Dok. pribadi
Ilustrasi E-commerce

 

WAKIL Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga menyatakan, untuk memenuhi pertumbuhan ekonomi digital, khususnya perdagangan secara elektronik (e-commerce) dan pertumbuhan logistik diperlukan kerja sama antarinstansi. 

Untuk itu, kerja sama Pemerintah Pusat dan Daerah serta dukungan berbagai pihak akan mendorong pertumbuhan infrastruktur yang mendukung pertumbuhan logistik nasional secara konkret. 

“Diharapkan dukungan Pemerintah Pusat dan Daerah dapat memusatkan pembangunan infrastruktur secara konkret sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo,” kata Jerry, Selasa (30/11). 

Jerry mengatakan, secara produk domestik bruto (GDP) kontribusi ekonomi digital Indonesia relatif kecil tetapi tumbuh pesat dengan perdagangan secara elektronik menjadi penyumbang terbesar. 

Ekonomi digital Indonesia diprediksi akan tumbuh delapan kali lipat dari USD 44,4 miliar di 2020 menjadi USD 319 miliar di 2030 dan kontribusi ekonomi digital terhadap GDP diprediksi akan meningkat 18 persen. 

Baca juga : Kondisi Geografis Jadi Tantangan bagi Pelaku E-commerce 

“Ini menampilkan penetrasi ekonomi digital yang signifikan dan menggambarkan penggunaan ecommerce menjadi salah satu yang utama perdagangan barang atau jasa dalam aktivitas keseharian masyarakat,” kata Jerry. 

Jerry melanjutkan, e-commerce tidak hanya terpusat di satu wilayah Indonesia. Pemerintah telah mencoba mendistribusikan dan melakukan penetrasi ekonomi digital secara masif. 

“Penggunaan e-commerce di luar Jawa terus tumbuh. Meskipun infrastruktur menjadi tantangan, tetapi sudah terjadi pembangunan masif yang dilakukan Pemerintah Daerah,” kata Jerry 

Kemendag telah melakukan beberapa upaya dalam mendorong kinerja logistik Indonesia, salah satunya melalui Program Gerai Maritim. Saat ini terdapat 14 Depo Gerai Maritim tempat penyimpanan barang yang dikirim sebagai muatan berangkat maupun muatan balik melalui Tol Laut. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Sambut G20, Revitalisasi TMII Ditargetkan Rampung September

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 18 Januari 2022, 12:10 WIB
Terkait dengan revitalisasi tersebut, nantinya kawasan TMII ditutup sementara bagi...
reanda-netherlands.com

Reanda International Dapatkan Pengakuan sebagai Anggota Penuh Forum of Firms

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 18 Januari 2022, 12:05 WIB
Dengan status barunya itu, Reanda resmi menjadi jaringan firma akuntansi global pertama asal Tiongkok yang mendapatkan pengakuan dunia...
 ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Pemerintah Batalkan Ekspor Empat Kargo LNG Demi Kepentingan Dalam Negeri

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 18 Januari 2022, 11:12 WIB
Pemerintah membatalkan ekspor empat kargo gas alam cair atau  Liquefied Natural Gas/LNG pada Januari 2022. Hal ini imbas krisis...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya