Senin 18 Oktober 2021, 18:13 WIB

Ford Dorong Pabrik Inggris Topang Mobil Listrik di Eropa

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Ford Dorong Pabrik Inggris Topang Mobil Listrik di Eropa

AFP/Paul Ellis.
Stuart Rowley, presiden Ford Eropa, (kiri) diperlihatkan beberapa lini produksi perakitan roda gigi oleh manajer pabrik Andy Roche (kanan).

 

RAKSASA mobil AS Ford pada Senin (18/10) mengumumkan rencana untuk mengubah pabrik Inggris menjadi lokasi perakitan komponen kendaraan listrik pertama di Eropa. Untuk itu, Ford akan menginvestasikan £230 juta (US$316 juta) di pabrik Halewood, Merseyside, barat laut Inggris.

Produksi akan dimulai pada 2024 dalam langkah yang diharapkan dapat mengamankan ratusan pekerjaan. "Ini adalah langkah penting," kata Stuart Rowley, Presiden Ford Eropa.

"Ini semakin memperkuat kemampuan kami untuk menghadirkan 100% kendaraan penumpang Ford di Eropa yang seluruhnya bertenaga listrik dan dua pertiga dari penjualan kendaraan komersial kami menjadi semua-listrik atau hibrida plug-in pada 2030." Investasi tersebut mencakup dukungan negara melalui Dana Transformasi Otomotif pemerintah Inggris.

Ford awal tahun ini berjanji bahwa antara 40% dan 50% kendaraan globalnya akan sepenuhnya menggunakan listrik pada awal dekade berikutnya. Serikat pekerja Inggris Unite pada Senin mengatakan bahwa investasi baru Ford akan melindungi 500 pekerjaan dan berpotensi menciptakan hingga 700 posisi baru.

Baca juga: Ford Kucurkan Rp163 Triliun untuk Produksi Mobil Listrik

"Investasi ini merupakan berita bagus bagi tenaga kerja terampil di Halewood karena menjamin masa depan pabrik," tambah sekretaris jenderal Unite Sharon Graham. Inggris berencana untuk melarang penjualan mobil diesel dan bensin berpolusi tinggi mulai 2030 sebagai bagian dari upaya untuk mencapai emisi nol karbon bersih pada 2050. (AFP/OL-14)

Baca Juga

DOK

Gender Shaming Masih Ditemui di Tempat Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 09:22 WIB
Meski partisipasi kerja perempuan di dunia kerja sudah jauh meningkat tapi hal itu tidak berarti langsung menimbulkan kesetaraan gender di...

Sengketa Asuransi, Ini Kata Pakar agar Sengketa Nasabah dan Asuransi Tuntas

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 20 Januari 2022, 08:05 WIB
Prudential, AIA Financial Indonesia, dan AXA Mandiri dituntut untuk mengembalikan dana premi para nasabahnya 100% dari polis unit link yang...
MI/Agus Utantoro

Menkop UKM Sebut G20 Berpotensi Hasilkan Nilai Konsumsi Rp1,7 Triliun

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 20 Januari 2022, 07:27 WIB
"G20 berpotensi  menciptakan 33.000 lapangan kerja baru dengan nilai konsumsi sebesar Rp1,7...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya