Kamis 12 Agustus 2021, 14:20 WIB

Kemenkop UKM Dorong Produk UMKM Berorientasi Ekspor

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Kemenkop UKM Dorong Produk UMKM Berorientasi Ekspor

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Pekerja UMKM di Bali menyiapkan tas berbahan kulit yang siap dikirim termasuk diekspor ke mancanegara.

 

DEPUTI Bidang UKM Kemenkop UKM Hanung Harimba Rachman menegaskan bahwa UMKM harus melakukan transformasi produk yang berorientasi ekspor, bernilai tinggi dan mampu masuk dalam rantai pasok internasional. Hal ini dilakukan agar UMKM dapat menjawab perkembangan zaman dan juga beradaptasi dengan keadaan.

"Kita berharap UMKM kita dapat bertransformasi untuk menjawab perkembangan zaman dan juga menjawab kebutuhan kita untuk transformasi ekonomi. Kita ingin transformasikan produk UMKM ini berorientasi ekspor, lalu produknya punya nilai tinggi dan juga kita dorong untuk bisa masuk rantai pasok dunia," ungkapnya dalam acara Peringatan Hari UMKM Nasional 2021 secara virtual, Kamis (12/8).

Hanung menambahkan bahwa pihaknya sudah memberikan pemahaman kepada UMKM mengenai peluang ekspor dengan cara membangun sekolah ekspor.

Selain itu, Kemenkop UKM juga telah melakukan kolaborasi antar kementerian/lembaga, pemerintah daerah dan juga stakeholder lain seperti platform dan asosiasi.

"Kita sudah lakukan beberapa hal. Pertama dengan K/L kita bentuk Satgas Percepatan Eksportasional anggotanya berasal dari 13 K/L. Kemudian kita juga bekerja sama dengan BUMN agar dapat membuka pengadaan barang dan jasa untuk UMKM kita dengan PaDi," ujar Hanung.

"Ada dukungan juga dari BUMN agar produk UMKM dapat masuk ke rantai pasok BUMN. Jadi sebelum ke internasional, kita coba masuk ke BUMN dulu," pungkasnya. (Des/OL-09)

Baca Juga

Antara

Kurs Dolar Stabil Setelah Bergolak Sebulan Terakhir

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 07:21 WIB
MATA uang dolar Amerika Serikat stabil pada akhir perdagangan Senin atau Selasa pagi WIB (26/10), setelah melonjak dari level terendah satu...
Antara

Bursa Wall Street Menguat

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 07:05 WIB
WALL Street menguat pada akhir perdagangan Senin atau Selasa pagi WIB (26/10), dengan Indeks Dow Jones dan S&P 500 ditutup di rekor...
Ist

Freeport Bangun Smelter di Kawasan Industri KEK Gresik

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Oktober 2021, 06:43 WIB
Jokowi menyebutkan pembangunan smelter di dalam negeri ini merupakan salah satu kebijakan strategis pemerintah terkait industri tembaga...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bongkar Transaksi Narkoba Rp120 Triliun

Para anggota sindikat narkoba juga kerap memanfaatkan warga yang polos untuk membantu transaksi dari dalam ke luar negeri dan sebaliknya.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya