Selasa 03 Agustus 2021, 17:00 WIB

Rupiah dan IHSG Merespons Positif Perpanjangan PPKM Level 4

Fetry Wuryasti | Ekonomi
Rupiah dan IHSG Merespons Positif Perpanjangan PPKM Level 4

Ant/Raisan Al Farisi
Suasana Jalan Merdeka yang lengang di Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (21/7/2021) saat pemberlakuan PPKM darurat.

 

DALAM perdagangan sore ini, indeks harga saham gabungan (IHSG) ditutup menguat pada level 6.130,57 (+0,56%) dan nilai tukar rupiah ditutup menguat 80 poin di level Rp14.342.

"Pasar merespons positif kebijakan Pemerintah yang mengumumkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 diperpanjang hingga tanggal 9 Agustus 2021 mendatang. PPKM level 4 ini akan diberlakukan merata di seluruh wilayah di Indonesia, tidak hanya di Jawa-Bali," kata Direktur PT. TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi, Selasa (3/8).

Baca juga: Pedagang Eceran Dapat Tambahan Insentif Perpajakan

Perpanjangan PPKM Level 4 mengacu pada berbagai aspek yang sampai saat ini belum ada indikasi Covid-19 yang menurun, bahkan mengalami peningkatan di luar Jawa Bali.

Sedangkan masyarakat yang sudah divaksinasi sampai saat ini baru berfokus di kota-kota besar yang notabene dapat menopang perekonomian Indonesia seperti Jabodetabek.

Dan ini bisa di lihat dari masyarakat yang di vaksin sampai saat ini baru 21,5% dengan rincian 47,23 juta orang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis pertama. Selain itu, 20,53 juta orang sudah divaksinasi dosis kedua dari keseluruhan penduduk berjumlah 271.349.889 ( data kemendagri, Desember 2020) dan ini masih jauh dari target pemerintah.

Seperti diketahui sejak perpanjangan PPKM level 4 mulai 26 Juli, kasus corona harian mengalami naik turun.Saat itu, kasus harian berada di angka 28 ribuan, namun sempat melonjak drastis di hari kedua dan kini kembali menurun di angka 30 ribuan kasus.

"Secara bersamaan pemerintah juga akan menggencarkan vaksinasi di bulan Agustus sebanyak 60-70 juta vaksin yang akan di fokuskan ke provinsi-provinsi lain yang saat ini sedang membutuhkan penanganan akibat varian Delta," kata Ibrahim.

Apabila bulan Agustus bisa terpenuhi untuk vaksinasi, maka di bulan September akan kembali di tingkatkan vaksinasinya bisa saja di atas 70 juta.

"Dalam hitungan 12 minggu atau 3 bulan ke depan maka PPKM Level 4 bisa dibuka kembali secara bertahap ke level 3 dan seterusnya," kata Ibrahim.

Seandainya masyarakat Indonesia sampai September 2021 sudah di vaksinasi semua maka ada dua hal yang harus diterapkan dalam mengambil keputusan tentang perubahan atau kelanjutan PPKM.

"Pertama, pembatasan sosial harus selalu dievaluasi dan disesuaikan dengan perkembangan data yang mungkin amat dinamis, baik di tingkat negara maupun sub-nasional. Kedua, kalau pembatasan sosial akan diubah/disesuaikan maka betul-betul harus berkomunikasi dengan masyarakat," kata Ibrahim. (OL-6)

Baca Juga

AFP/Daniel Leal-Olivas.

Sopir Tanker Minim, Inggris akan Tawarkan 10.500 Visa Kerja Sementara

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 14:11 WIB
Kekurangan pengemudi tanker telah menyebabkan antrean besar di pompa bensin dalam beberapa hari...
Antara

Sandiaga: Ekonomi Kreatif Penggerak Baru Ekonomi Dunia

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 26 September 2021, 13:55 WIB
Di masa pandemi covid-19, banyak subsektor ekonomi kreatif yang berkembang sangat pesat. Di antaranya, aplikasi, permainan, tayangan...
Antara

Mendag Mau Uji Coba Aplikasi PeduliLindungi di Pasar

👤Fetry Wuryasti 🕔Minggu 26 September 2021, 13:20 WIB
Implementasi aplikasi PeduliLindungi akan diuji coba di enam pasar. Seperti, Pasar Mayestik, Pasar Baltos, Pasar Modern BSD, Pasar Blok M,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya