Selasa 13 Juli 2021, 17:10 WIB

Pengusaha Singapura Bantu Oksigen Konsentrator untuk Indonesia

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pengusaha Singapura Bantu Oksigen Konsentrator untuk Indonesia

AFP/Militer Indonesia.
Bantuan Singapura untuk Indonesia.

 

PARA pengusaha yang terdiri dari Kamar Dagang dan Industri Singapura (SingCham), Temasek Foundation, dan pengusaha lain menyumbangkan lebih dari 11 ribu oksigen konsentrator ke Indonesia dalam waktu dekat. Hal ini mengingat lonjakan kebutuhan tabung oksigen akibat kasus covid-19 yang tinggi di Indonesia.

"SingCham akan memfasilitasi pengiriman enam tangki oksigen cair, konsentrator oksigen, dan tabung oksigen ke Jakarta dalam beberapa hari mendatang," kata wakil ketua SingCham Joel Shen pada Selasa (13/7). Temasek Foundation dan 15 perusahaan lain menyumbangkan lebih dari 11 ribu konsentrator yang akan dikirimkan dalam beberapa minggu ke depan ke Indonesia.

Inisiatif SingCham muncul setelah selusin perusahaan anggota SingCham dari Singapura dan Indonesia berkumpul secara virtual pada pekan lalu untuk menyepakati bantuan ini secara gratis atau dengan diskon besar-besaran. Dua pemilik kapal Indonesia dikabarkan menawarkan slot kontainer gratis dan satu perusahaan logistik Indonesia juga secara sukarela mengatur pengumpulan pasokan di Singapura dan pengiriman ke pihak berwenang Indonesia ketika tiba di Jakarta, kata Joel Shen.

Ketua SingCham Shoeb Kagda mengatakan daftar barang-barang penting dari tempat tidur hingga obat-obatan juga tengah telah disusun sebagai bantuan lain. Namun fokusnya sekarang, lanjutnya, yakni memberikan tabung oksigen yang dibutuhkan di Indonesia. "Secara kolektif, kami mengumpulkan semua sumber daya kami. Kita berharap bisa berperan dalam membantu Indonesia saat ini, apapun perannya," kata Kagda.

Temasek Foundation bersama 15 perusahaan dari kedua negara yang akan menyumbangkan lebih dari 11 ribu oksigen konsentrator akan disalurkan dalam beberapa tahapan. Batch pertama ada 1.500 unit dijadwalkan tiba di Jakarta pada pekan ini. Lebih banyak akan dikirimkan secara bertahap selama beberapa minggu ke depan, tambahnya.

Oksigen konsentrator, yang merupakan alat bantu pernapasan noninvasif tingkat medis, akan dikerahkan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia ke rumah sakit untuk merawat pasien dengan kondisi pernapasan. "Donasi ini dimungkinkan oleh kemurahan hati komunitas bisnis Indonesia di Singapura serta bisnis Singapura, yang dengan cepat memberikan bantuan dalam perjuangan bersama kami melawan covid-19," kata Temasek Foundation.

 

Yayasan itu antara lain Yayasan Bakti Barito, Cikarang Listrindo, Dharma Satya Nusantara, East Ventures, Indies Capital Partners, Kino Indonesia, Sinar Mas, Tanoto Foundation, TBS Energi Utama, Triputra Group, UID Foundation, WahanaArtha, Yayasan Harapan CapitaLand, Bank DBS, dan Singtel. (Straits Times/OL-14)

Baca Juga

Antara/Akbar Nugroho Gumay

Pemerintah Optimalkan Upaya Penutupan Selisih Harga Minyak Goreng 

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Selasa 18 Januari 2022, 19:32 WIB
Menindaklanjuti kebijakan sebelumnya, Pemerintah memastikan kembali agar masyarakat dapat memperoleh harga minyak goreng kemasan dengan...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

Ubah Pemberian Subsidi Listrik, Pelanggan Bakal Dapat Voucher

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 18 Januari 2022, 19:27 WIB
Voucher tersebut tidak bisa digunakan untuk kebutuhan lain selain pembayaran...
Antara/Reno Esnir

Pemerintah Ubah Pemberian Subsidi Listrik Menjadi Langsung 

👤Insi nantika Jelita 🕔Selasa 18 Januari 2022, 19:27 WIB
Direktur Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menegaskan, voucher tersebut tidak bisa digunakan untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya