Kamis 24 Juni 2021, 00:26 WIB

Cairan Betonmix Bikin Beton Semakin Kuat dan Anti-Keropos

Ghani Nurcahyadi | Ekonomi
Cairan Betonmix Bikin Beton Semakin Kuat dan Anti-Keropos

Dok.Aquaproof
Betonmix dari Aquaproof

 

BETON merupakan bagian penting dalam konstruksi bangunan. Beton terbentuk dari campuran semen, air, pasir (agregat halus) dan kerikil (agregat kasar) dengan komposisi tertentu. Beton juga ada yang diperkuat dengan besi dan baja, beton jenis ini dikenal dengan beton bertulang. 

Ada juga beton yang dicetak dengan ukuran dan bentuk tertentu yang kemudian dibawa ke lokasi konstruksi, beton ini dikenal dengan beton pracetak / precast. Masih banyak jenis beton lainnya, penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan konstruksi sehingga beton dapat berfungsi maksimal.

Dalam pembangunan rumah, beton digunakan pada bagian seperti pondasi, atap dak beton, tiang, dan pembatas antar lantai. Beton memiliki kelebihan tahan terhadap beban berat, tahan terhadap suhu tinggi maupun korosi. Namun beton juga dapat retak dan apabila sudah mengeras tidak dapat dibentuk kembali.

Tentunya diharapkan hasil akhir beton yang kokoh, tahan lama, dan tidak mudah roboh. Sebelum memulai konstruksi baru bangunan atau ingin menyambung beton, sebaiknya dipilih atau dipahami bahan-bahan pembentuk beton. 

Selain semen, air, pasir, kerikil; adukan beton juga dapat ditambahkan Betonmix atau umumnya lebih dikenal dengan sebutan obat beton. Betonmix merupakan cairan bening siap pakai dengan Superior Plasticizer Technology berfungsi untuk meningkatkan kualitas adukan beton. Betonmix juga merupakan salah satu produk dari Aquaproof yang tersedia dalam ukuran kemasan 1 kg, 5 kg dan 30 kg. 

Baca juga : Tujuh Harga Komoditas Pokok Alami Kenaikan Pesat

Penggunaan 1% Betonmix (% dari berat semen) membuat beton 100% tidak keropos. Selain itu, Betonmix juga berfungsi meningkatkan mutu beton. 

"Hal itu karena Betonmix dapat mengurangi pemakaian air. Penambahan Betonmix ke adukan beton dapat mengurangi penggunaan air hingga 30% dari kebutuhan air normal, dan berpengaruh juga pada peningkatan kuat tekan beton hingga 20% ketika beton berumur 28 hari," tulis Aquaproof dalam keterangannya.

Betonmix juga mempercepat pengerasan beton dan mempermudah pengecoran beton. Adapun penggunaan Betonmix terdapat 2 cara, yaitu pengadukan manual dan ready mix. 

Betonmix bisa didapatkan di toko bangunan hingga marketplace digital yang bisa diakses 24 jam. (RO/OL-7)

Baca Juga

Antara/Rivan Awal Lingga.

Analisa Saham ABM Investama dengan Peringkat Obligasi B-1 pada Juli

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 14:00 WIB
Harga batu bara melonjak 80% sejak awal 2021 hingga menembus US$154,5 per...
Dok.BKI

Semester I 2021, Bank DKI Catat Pertumbuhan Laba 40.8% 

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 12:42 WIB
Aset Bank DKI juga meningkat sebesar 19,4% menjadi Rp56,7 triliun per Juni 2021 dari sebelumnya Rp47,5 triliun per Juni...
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra

Presiden Gulirkan Bantuan Produktif Usaha Mikro Rp15,3 Triliun

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Jumat 30 Juli 2021, 12:21 WIB
Jumlah bantuan yang diterima masing-masing pelaku usaha sebesar Rp1,2 juta. Presiden amat berharap bantuan itu bisa mendorong ekonomi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya