Rabu 09 Juni 2021, 20:37 WIB

Sandiaga Dorong Kopi Nusantara Jadi Nation Branding yang Kuat

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sandiaga Dorong Kopi Nusantara Jadi Nation Branding yang Kuat

Antara/Ari Bowo Sucipto
`Petani memetik biji kopi jenis Robusta di Lereng Gunung Kawi, Malang

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong kopi khas nusantara menjadi nation branding yang kuat atau strategi mempresentasikan sebuah negara ke dunia lewat sebuah produk.

“Kopi ini menjadi produk yang sangat diunggulkan. Saya berharap industri kopi akan menjadi tulang punggung penciptaan lapangan kerja, penggerak ekonomi Indonesia termasuk ekspor, dan akan menjadi nation branding Indonesia yang kuat," jelas Sandiaga.

Berdasarkan data dari Organisasi Pangan dan Agrikultur Dunia (FAO), pada 2017 - 2018, Indonesia menempati posisi keeempat sebagai salah satu negara penghasil biji kopi terbesar di dunia, setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia dan memproduksi lebih dari 10 juta karung kopi.

Jenis kopi yang dihasilkan Indonesia pun beranekaragam, seperti Kopi Arabika Toraja, Kopi Gayo, Kopi Sidikalang, Kopi Kintamani, dan lainnya. Hal ini menunjukkan betapa besar potensi industri kopi di Indonesia yang bisa dikembangkan agar lebih mendunia.

Baca juga : Pengusaha: Kenaikan Indeks Konsumen Bertepatan dengan Ramadan

Sandiaga berpesan kepada pelaku usaha kopi agar tetap bertahan dengan menemukan kreativitas baru. Kemenparekraf menyatakan siap memberi program pelatihan dan bantuan untuk meningkatkan peluang usaha dan peningkatan lapangan kerja.

Diantaranya, program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) untuk permodalan, Apresiasi Kreasi Indonesia, Food Startup, program Bedakan (Bedah Desain untuk Kemasan) dan Begerak (Bedah Gerai Kuliner). Serta bantuan pemasaran ke luar negeri atau melalui penyelenggaraan event seperti Kopi Craft Indonesia 2021.

Acara Kopi Craft Indonesia 2021 berkolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Summarecon Mall Serpong. Acara tersebut berlangsung selama 10 hari, mulai dari 3 hingga 13 Juni 2021. Tujuan dari event ini dikatakan untuk meningkatkan pendapatan para pelaku subsektor kuliner, khususnya penjual kopi.

"Melalui upaya ini diharapkan kopi benar-benar bisa menjadi nation brandingyang kuat bagi Indonesia,” pungkas Sandiaga. (OL-7)

Baca Juga

MI/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi tidak Mau BUMN Sakit Terus-Menerus Disuntik Modal

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 11:20 WIB
Presiden menginginkan transformasi pengelolaan BUMN agar pengelolaannnya secara profesional dan mampu bersaing...
MI/Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi: BUMN Sakit Tutup Saja

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 11:09 WIB
"Kalau Pak Menteri sampaikan ke saya ada BUMN kondisinya seperti ini, kalau saya langsung tutup aja! Enggak ada selametin-selametin...
Dok. Kementerian ATR/BPN

Kementerian ATR/BPN Gelar Sosialiasi PP Turunan UU Cipta Kerja Bidang Pengendalian Fungsi Tanah dan Ruang 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 00:11 WIB
Direktorat Jenderal Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang (Ditjen PPTR) membawahi beberapa PP, yaitu PP Nomor 18 Tahun 2021 tentang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya