Rabu 09 Juni 2021, 20:37 WIB

Sandiaga Dorong Kopi Nusantara Jadi Nation Branding yang Kuat

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sandiaga Dorong Kopi Nusantara Jadi Nation Branding yang Kuat

Antara/Ari Bowo Sucipto
`Petani memetik biji kopi jenis Robusta di Lereng Gunung Kawi, Malang

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mendorong kopi khas nusantara menjadi nation branding yang kuat atau strategi mempresentasikan sebuah negara ke dunia lewat sebuah produk.

“Kopi ini menjadi produk yang sangat diunggulkan. Saya berharap industri kopi akan menjadi tulang punggung penciptaan lapangan kerja, penggerak ekonomi Indonesia termasuk ekspor, dan akan menjadi nation branding Indonesia yang kuat," jelas Sandiaga.

Berdasarkan data dari Organisasi Pangan dan Agrikultur Dunia (FAO), pada 2017 - 2018, Indonesia menempati posisi keeempat sebagai salah satu negara penghasil biji kopi terbesar di dunia, setelah Brazil, Vietnam, dan Kolombia dan memproduksi lebih dari 10 juta karung kopi.

Jenis kopi yang dihasilkan Indonesia pun beranekaragam, seperti Kopi Arabika Toraja, Kopi Gayo, Kopi Sidikalang, Kopi Kintamani, dan lainnya. Hal ini menunjukkan betapa besar potensi industri kopi di Indonesia yang bisa dikembangkan agar lebih mendunia.

Baca juga : Pengusaha: Kenaikan Indeks Konsumen Bertepatan dengan Ramadan

Sandiaga berpesan kepada pelaku usaha kopi agar tetap bertahan dengan menemukan kreativitas baru. Kemenparekraf menyatakan siap memberi program pelatihan dan bantuan untuk meningkatkan peluang usaha dan peningkatan lapangan kerja.

Diantaranya, program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) untuk permodalan, Apresiasi Kreasi Indonesia, Food Startup, program Bedakan (Bedah Desain untuk Kemasan) dan Begerak (Bedah Gerai Kuliner). Serta bantuan pemasaran ke luar negeri atau melalui penyelenggaraan event seperti Kopi Craft Indonesia 2021.

Acara Kopi Craft Indonesia 2021 berkolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Summarecon Mall Serpong. Acara tersebut berlangsung selama 10 hari, mulai dari 3 hingga 13 Juni 2021. Tujuan dari event ini dikatakan untuk meningkatkan pendapatan para pelaku subsektor kuliner, khususnya penjual kopi.

"Melalui upaya ini diharapkan kopi benar-benar bisa menjadi nation brandingyang kuat bagi Indonesia,” pungkas Sandiaga. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Tol Laut T-19 Kunci Distribusi ke Papua

👤Antara 🕔Selasa 15 Juni 2021, 10:04 WIB
Tol laut meningkatkan perekonomian dan menurunkan disperitas...
Antara/Siswo Widodo

Jangan Seret Nama Petani Untuk Urusan Impor Gula

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 15 Juni 2021, 09:56 WIB
Soemitro memastkan APTRI dengan tegas menolak penambahan impor dan pendirian pabrik gula rafinasi di Jawa...
MI/Widjajadi

Pangansari dan Halalan Thayyiban Pasok Makanan di PON 2021

👤Widjajadi 🕔Selasa 15 Juni 2021, 08:40 WIB
PT Pangansari Utama Food Resources (PUFR) sepakat kolaborasi dengan PT Halalan Thayyiban menyediakan 5 juta paket makanan sehat di PON 2021...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pengelola Nakal di Hunian Vertikal

TREN masyarakat tinggal di hunian vertikal terus meningkat dalam lima tahun belakangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya