Rabu 09 Juni 2021, 14:10 WIB

Dukung Pengembangan UKM Lewat Berbagi Edukasi dan Wawasan Bisnis

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Dukung Pengembangan UKM Lewat Berbagi Edukasi dan Wawasan Bisnis

Dok.Ninja Xpress
Program pelatihan untuk para pelaku UKM yang diadakan Ninja Xpress.

 

SALAH satu sektor yang paling terpukul akibat pandemi covid-19 adalah Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Tidak sedikit pelaku UKM yang menutup usaha mereka akibat wabah berkepanjangan itu.

Padahal UKM merupakan salah satu tulang punggung perekonomian nasional. Itu sebabnya pemerintah melakukan berbagai upaya untuk membangkitkan kembali sektor UKM, salah satunya dengan pemberian kredit ataupun pelatihan.

Baca juga: UKM di Denpasar Dilatih soal Manajemen Retail

Berangkat dari situ, sebagai mitra UKM di Indonesia, Ninja Xpress berupaya menjawab kebutuhan para pelaku UKM dalam menghadapi tantangan bisnis, khususnya di masa pandemi seperti saat ini. Berdasarkan Laporan Suara UKM Negeri yang diluncurkan pada Desember silam, sebanyak 53% UKM mengungkapkan bahwa mereka membutuhkan pelatihan dengan sistem mentoring khusus di bidang strategi pemasaran dan  keuangan untuk mempercepat pengembangan bisnis.  

Diungkapkan CMO Ninja Xpress, Andi Djoewarsa, setelah sukses dengan Program Aksilerasi perdana pada akhir tahun lalu, tahun ini pihaknya melanjutkan program tersebut dengan melakukan beberapa penyesuaian berdasarkan prioritas kebutuhan para pelaku UKM. Salah satu penyesuaian itu adalah dengan membagi sesi kelas menjadi dua bagian, Kelas Inkubasi dan Kelas Akselerasi. Hal itu dilakukan agar semakin banyak pelaku UKM yang memiliki kesempatan mentoring.

Bagian pertama merupakan Kelas Inkubasi untuk memberikan pembekalan teori dan materi yang dapat diikuti oleh seluruh UKM yang bergabung di Ninja Academy secara gratis. Selanjutnya di bagian kedua, tim Ninja Xpress mengkurasi 30 pelaku UKM terpilih untuk mengikuti Kelas Akselerasi II. Pada bagian kedua ini, para pelaku UKM mendapatkan bimbingan intensif dari jajaran mentor ahli untuk mengaplikasikan seluruh materi yang telah didapat di fase sebelumnya.

Program Aksilerasi II ini telah dijalankan sejak bulan April 2021, dan sudah memasuki tahap pemberian bimbingan intensif bagi 30 UKM terpilih oleh para mentor yang berpengalaman di bidangnya. Seluruh UKM juga dibekali dukungan berupa pembiayaan kampanye pemasaran dengan total nilai sebesar Rp150 juta. Saat ini kampanye pemasaran untuk Program Aksilerasi II masih berlangsung dan hingga dan diikuti oleh UKM dari berbagai sektor seperti makanan ringan & cepat saji, fashion dan aksesoris seperti pakaian dan tas.

“Ninja Xpress telah membuat program yang sangat bermanfaat, sangat berguna bagi UKM, sehingga kami bisa belajar untuk melakukan promosi pemasaran dengan tepat. Semoga ke depannya banyak UKM yang menerima dampak yang sama dari Program Aksilerasi Ninja Xpress, sehingga UKM dapat menjadi pertahanan ekonomi Indonesia,” ujar Boby, tim operasional Greenville Farm.

Berangkat dari semangat Ninja Xpress dalam mendukung UKM lokal berkembang, Ninja Xpress terus berinovasi dan melakukan upaya untuk menghadirkan ekosistem digital yang mampu mendukung para pengusaha lokal dalam melakukan pengembangan bisnis secara nyata dan konsisten. Untuk itu, kali ini Ninja Xpress menghadirkan program terbarunya, yakni situs blog Obsesi Untuk Negeri, sebuah platform digital yang dijadikan sumber informasi dan berbagi wawasan bisnis dan tips bersama para pengusaha lokal di Indonesia.

“Harapannya dari Program Aksilerasi II hingga peluncuran blog ini, para UKM yang mendapatkan wawasan baru serta merasakan dampaknya terhadap pertumbuhan bisnis mereka secara langsung. Program Aksilerasi merupakan program yang selalu kami adakan 3-4 bulan sekali, sedangkan komitmen kami untuk selalu mendukung para UKM melalui edukasi dan berbagi wawasan serta tips selalu ada. Maka dari itu, kami menghadirkan blog ini yang mampu memfasilitasi para UKM yang haus akan ilmu dan wawasan bisnis baru untuk kebutuhan pengembangan bisnisnya ke depan,” ujar Andi Djoewarsa.

“Blog Ninja Xpress hadir dan difokuskan untuk membantu seluruh UKM di Indonesia agar lebih mudah mengakses informasi, wawasan, dan ide baru seputar bisnis sehingga pelaku UKM bisa mengembangkan bisnis lebih mudah,” kata Andi Djoewarsa. (RO/A-1)

Baca Juga

Ilustrasi

PHRI Setuju Hentikan Isolasi Mandiri di Hotel, Ini Alasannya

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 15 Juni 2021, 23:29 WIB
Pembayaran terus ditunda sehingga berdampak pada operasional usaha. Hotel juga tidak bisa menerima tamu lain karena sudah dijadikan tempat...
Dok Intiland

Animo Naik, Intiland Perkuat Rumah Tapak di Surabaya

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 15 Juni 2021, 23:00 WIB
Saat ini kebutuhan masyarakat terhadap produk rumah tapak cenderung bergerak...
Ist

Tingkatkan Kemudahan Bertransaksi, BPJAMSOSTEK Kerja Sama dengan LinkAja

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 15 Juni 2021, 22:48 WIB
Kerja sama antara BPJAMSOSTEK dan LinkAja tersebut melengkapi pilihan kanal pendaftaran yang sebelumnya yaitu melalui website dan aplikasi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Pengelola Nakal di Hunian Vertikal

TREN masyarakat tinggal di hunian vertikal terus meningkat dalam lima tahun belakangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya