Selasa 08 Juni 2021, 23:39 WIB

UKM di Denpasar Dilatih soal Manajemen Retail

Ruta Suryana | Nusantara
UKM di Denpasar Dilatih soal Manajemen Retail

MI/Ruta Suryana
Ketua Dekranasda Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, dan para pelaku IKM/UKM Kota Denpasar saat Pelatihan Management Retail.

 

PELAKU industri kecil menengah (IKM) atau usaha mikro menengah (UKM) di Kota Denpasar diberi pelatihan tentang manajemen retail. Kegiatan yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar ini sebagai upaya meningkatkan daya saing UKM dan membantu akses pasar yang baik untuk produk-produknya melalui sinergi dengan jaringan toko swalayan.

Wali Kota Denpasar dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Denpasar, IGN Eddy Mulya mengatakan pembinaan dan pelatihan ini juga sebagai langkah untuk menciptakan kemitraan usaha yang saling menguntungkan dan UKM bisa menjadi pemasok di jaringan pemasaran, distribusi toko swalayan serta pusat oleh-oleh.

''Dengan diberikannya pelatihan, diharapkan dapat mempermudah akses UKM Kota Denpasar untuk masuk ke toko swalayan khususnya. Di samping dapat membantu dan menambah wawasan UKM dalam mengembangkan akses pasar, juga membantu toko swalayan dalam menjalankan kewajibannya sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku,'' ujar Eddy Mulya saat membuka pelatihan manajemen retail bagi IKM atau UKM, Selasa (8/6/2021) di ruang pertemuan Graha Sewaka Dharma Lumintang, Denpasar.

Baca Juga: Hadir di Surabaya, Program ShopeePay Dorong Pegiat UMKM

Sesuai Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Pedoman Pengembangan, Penataan dan Pembinaan Pusat Perbelanjaan dan Toko Swalayan menyebutkan, bahwa Toko Swalayan wajib melaksanakan pengembangan kemitraan dengan UKM dan menyediakan ruang usaha strategis dan proporsional paling sedikit 30% dari luas toko swalayan.

Sementara itu Ketua Dekranasda Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara yang juga hadir, mengajak pelaku IKM/UKM yang telah terlibat dalam pelatihan retail ini dapat menjadi ruang diskusi dan pengalaman dalam melihat pemasaran produk dan sasaran target, hingga kualitas produk.

"Dalam masa pandemi saat ini banyak bermunculan usaha-usaha baru dari masyarakat sehingga dapat memberikan dampak dalam pemasaran produk baru sesuai dengan aturan yang ada," ujarnya.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Ida Bagus Yoga Endharta menyampaikan pelatihan ritail yang bekerja sama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk mengajak pelaku IKM/UKM untuk mengenal ritail modern yang bisa tumbuh dan bersinergi. Hal ini memberikan kesempatan yang luas bagi produk lokal untuk dapat dijual di toko modrn dan bersaing dengan produk yang sudah ada saat ini.

"Di Alfamart di Kota Denpasar sudah masuk 17 item produk lokal Denpasar dan ditaruh di bagian depan toko, dan kami yakin pelaku IKM/UKM dapat terfasilitasi dan Pemkot Denpasar berperan aktif  dalam memberikan penjelasan dan mendekatkan ritail kepada pelaku IKM/UKM tentang pemasaran produk," ujarnya. (RS/OL-10)
 

Baca Juga

Dok MI

Ini Motif Polisi Bakar Istri di Sorong

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 24 Juni 2021, 13:43 WIB
Dari barang bukti yang diamankan, adanya bekas siraman minyak tanah dari kompor jadi bukti kuat IP membakar...
MI/Ignas Kunda

Anak Muda Desa di Nagekeo Belajar Digitalisasi Destinasi Wisata 

👤Ignas Kunda 🕔Kamis 24 Juni 2021, 13:42 WIB
Sebanyak 42 orang anak muda ini berasal dari 15 desa yang memiliki potensi wisata seperti kampung adat dengan keindahan rumah adat dan...
MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE

Harga Daging Ayam di Aceh Turun

👤Amiruddin Abdullah Reubee 🕔Kamis 24 Juni 2021, 13:38 WIB
Pedagang ayam potong yang sebelumnya banyak pesanan untuk warung dan permintaan untuk pesta pernikahan atau kenduri syukuran, tapi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Diplomasi Jalur Rempah di Kancah Dunia

Perjalanan sejarah Indonesia terasa hambar tanpa aroma rempah. Warisan sosial, ekonomi, serta budaya dan ilmu pengetahuan itu kini dikemas dan disodorkan kepada dunia untuk diabadikan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya