Jumat 28 Mei 2021, 18:40 WIB

Kolaborasi Bantu UMKM Go Digital

Gana Buana | Ekonomi
Kolaborasi Bantu UMKM Go Digital

ANTARA/ANTARA/NYOMAN HENDRA WIBOWO
Pelaku UMKM di Bali melakukan digitalisasi produk pada Selasa (26/1).

 

KOLABORASI antara salah satu perusahaan expedisi, PT SiCepat Ekspres Indonesia (SiCepat), dan PT Digital Mediatama Maxima (DMMX) bakal menyuguhkan digital marketing activities ke depannya. Kerja sama akan dikembangkan lebih luas dengan mengembangkan platform komersial untuk jaringan ritel UMKM DMMX bersama jaringan logistik SiCepat.

Dalam kemitraan tersebut, SiCepat melalui platform commerce enabler milik SiCepat Group, akan memberikan dukungan penuh dalam pengadaan pasokan groceries/raw materials/supplies kepada UMKM yang tergabung dalam jaringan DMMX. Aktifitas pengadaan pasokan tersebut akan didukung oleh layanan logistik terintegrasi SiCepat.

Bersama DMMX, UMKM akan diberikan pengembangan e-commerce dan marketplace serta  pemasangan Digital Marketing atau Digital Cloud Advertising pada titik-titik UMKM tersebut.

“Dengan berbagai layanan yang dimiliki oleh SiCepat dan DMMX yang semakin terintegrasi, kami menjadi semakin optimistis bahwa kami dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada program pemberdayaan UMKM Indonesia, yang saat ini jumlahnya mencapai 62 juta, untuk go digital.

Baca juga: 6,1 Juta UMKM Ditargetkan Go Digital Tiap Tahun

"Pada saat ini SiCepat sudah melakukan investasi kepemilikan 4,5% pada DMMX. Kami berencana untuk memperbesar kepemilikan pada DMMX guna semakin memperkuat sinergi tersebut," ungkap CEO SiCepat The Kim Hai dalam keterangan resminya, Jumat (28/5).

Sementara itu, Presiden Direktur DMMX Budiasto Kusuma menambahkan, dirinya mengaku senang pihaknya dapat bermitra dengan SiCepat untuk semakin memperkuat para mitra UMKM dalam mengikuti pertumbuhan era digital yang cepat. Berbagai solusi yang diimplementasikan di antaranya untuk memperkuat layanan e-commerce dan marketplace serta pemasangan Digital Marketing atau Digital Cloud Advertising dari DMMX.

"Terdapat potensi efek jaringan yang luar biasa yang dapat diwujudkan dari harmonisasi jaringan pemasaran DMMX dengan kemampuan logistik SiCepat," kata dia.

Sampai dengan 2021 SiCepat telah memberikan kontribusi layanan pengiriman yang signifikan pada pertumbuhan pelaku UMKM online di Indonesia. Hal tersebut ditandai dengan lebih dari 6 juta seller menggunakan layanan SiCepat dan diprediksi akan tumbuh 35% pada akhir tahun ini.

Sementara jaringan UMKM DMMX juga terus mengalami pertumbuhan yang pesat. Per tahun lalu DMMX sudah berhasil melakukan digitalisasi pada 83.881 UMKM, atau tumbuh 67% YoY dibanding 50.182 UMKM pada 2019. (R-3)

Baca Juga

Ist/Kemenparekraf

Sandiaga Berharap Festival Sunday Movie (FSM) Buka Lapangan Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 22 Mei 2022, 21:29 WIB
Official Selection peringkat pertama untuk periode Mei berhasil diraih film berjudul ‘Pesen Pungkasan’ karya Sutradara Rano...
ANTARA FOTO/Anis Efizudin

Irma Suryani: 3 Tahun Tidak Impor Beras, Bukti Mentan SYL Jalankan Perintah Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 22 Mei 2022, 20:44 WIB
Irma Suryani Chaniago mengapresiasi kerja cerdas Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) yang mampu menjalankan semua perintah...
Ist/LPM BEP UI

Akademisi UI: 3 Tahun Tidak Impor Beras, Pemerintah Buktikan Kinerjanya

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 22 Mei 2022, 20:36 WIB
Dr.Ir.Riyanto,MSi. menilai salah satu keberhasilan Mentan SYL adalah meningkatnya produksi beras nasional sehingga Indonesia mampu...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya