Jumat 28 Mei 2021, 12:05 WIB

Listrik Tiba-tiba Padam di 3 Provinsi Kalimantan, Ini Kata PLN

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Listrik Tiba-tiba Padam di 3 Provinsi Kalimantan, Ini Kata PLN

ANTARA FOTO/ Aloysius Jarot Nugroho
Ilustrasi listrik

 

GANGGUAN listrik yang menyebabkan pemadaman terjadi secara tiba-tiba di tiga provinsi Kalimantan, yakni Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) pada Kamis (27/5).

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan pemadaman terjadi sejak pukul 13.29 WITA dan baru menyala pada malam sekitar pukul 23.46 WIB. Penyebab pemadaman ialah adanya gangguan pada jaringan transmisi bertegangan 150 kilo Volt (kV) Tengkawang - Embalut yang menyebabkan terhentinya pasokan listrik sementara di tiga provinsi tersebut. Gangguan tersebut telah menyebabkan 29 gardu induk di tiga provinsi mengalami pemadaman.

“Atas ketidaknyamanan yang dialami Pelanggan, PLN memohon maaf yang sebesar-besarnya," tutur Vice President Hubungan Masyarakat PLN Arsyadany G Akmalaputri dalam keterangan resmi, Jumat (28/5).

Adapun wilayah yang terdampak pemadaman listrik ialah di Kaltim meliputi Kota Balikpapan, Kota Samarinda, Kota Bontang, Kabupaten (kab) Kutai Timur, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten PPU, Kabupaten Paser.

Sementara di Kalsel meliputi sebagian Kota Banjarbaru, Kota Banjarmasin, Kabupaten Balangan, Kab. Banjar, Kab. Barito Kuala, Kab Hulu Sungai Selatan, Kab. Hulu Sungai Tengah, Kab. Kotabaru, Kab. Tabalong, Kab. Tanah Bumbu, Kab. Tanah Laut, Kab. Tapin.

Baca juga: PLN Harus Kontribusi Signifikan Terhadap Pencapaian Zero Carbon

Di Kalteng meliputi sebagian Kota Palangka Raya, Kab. Barito Selatan, Kab. Barito Timur, Kab. Barito Utara, Kab. Gunung Mas, Kab. Kapuas, Kab. Katingan, Kab. Kotawaringin Barat, Kab. Kotawaringin Timur, Kab. Lamandau, Kab. Pilang Pisau, Kab. Sukamara, Kab. Seruyan.

Arsyadany menuturkan, pihaknya terus berupaya menormalkan sistem kelistrikan sehingga seluruh masyarakat dapat Kembali menikmati listrik.

"Secara bertahap, PLN telah berhasil memulihkan seluruh 29 Gardu Induk yang terdampak. Sampai dengan saat ini, sebanyak 1.023.428 pelanggan telah menikmati listrik kembali,” tukasnya.(OL-5)

Baca Juga

Ist/PT KAI

Cara KAI Bertahan dan Berkontribusi di Masa Pandemi 

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 18:54 WIB
PT KAI tidak melakukan sama sekali pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada semua pegawai dan membayarkan gaji sesuai dengan hak kepada...
Foto: Diskominfo Garut

Kabupaten Garut Mampu Suplai Produksi Jagung 500 Ribu Ton Setahun

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 17:01 WIB
Endang Junaidi dari Dinas Pertanian Kabupaten Garut menjelaskan bahwa wilayahnya setiap tahun dapat menyuplai produksi jagung ke Jawa barat...
ANTARA FOTO/Agvi Firdaus

Pulau Jawa Panen Raya Jagung, Pakan Ternak Melimpah Ruah

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 16:51 WIB
Panen raya ini merupakan rangkaian produksi petani yang telah melakukan cocok tanam selama kurang lebih 4 bulan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya