Senin 03 Mei 2021, 21:26 WIB

Perkaya Literasi agar Bijak Memilih Asuransi yang Tepat dan Aman

mediaindonesia.com | Ekonomi
Perkaya Literasi agar Bijak Memilih Asuransi yang Tepat dan Aman

dok.OJK
Ilustrasi

 

LITERASI yang belum memadai di masyarakat menyebabkan munculnya berbagai keluhan tentang produk asuransi yang dikaitkan dengan investasi.

Tokio Marine Life Insurance Indonesia memahami hal tersebut dan berupaya memberikan edukasi kepada masyarakat agar lebih memahami produk asuransi. Melalui webinar Bijak Memilih Asuransi yang Tepat dan Aman, masyarakat diajak untuk bijak dalam memilih perusahaan asuransi yang kredibel dan bereputasi demi menghindari berbagai permasalahan di kemudian hari.

Muhammad Irsan, Head of Agency Training & Manpower Development, PT Tokio Marine Life Insurance Indonesia mengatakan sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya memahami fungsi asuransi penting dilakukan oleh semua pihak di industri tersebut.

"Perusahaan asuransi juga sudah seharusnya memastikan bahwa para tenaga pemasarnya telah tersertifikasi dan memiliki pengetahuan produk yang baik," kata Irsan dalam webinar yang diselenggarakan pada Rabu (28/4). Menurut Irsan, Tokio Marine Life Insurance Indonesia memiliki program pelatihan berkala untuk para tenaga pemasar.

"Kami juga secara khusus mengundang trainer profesional untuk memberikan program pelatihan yang komprehensif sebagai bekal para tenaga pemasar," kata Irsan. Ketua Lembaga Sertifikasi Profesi Financial Planning Standards Board Indonesia (LSP FPSB) Tri Djoko Santoso mengungkapkan, polis asuransi jiwa fungsi utamanya adalah proteksi keuangan menyeluruh.

Proteksi itu yakni melindungi keuangan keluarga karena hilang atau berkurangnya penghasilan (income protection) dan kekayaan (wealth protection) seorang pencari nafkah atau pemilik kekayaan, karena sebab meninggal, kecelakaan, sakit dan cacat.

"Dalam perencanaan keuangan, polis asuransi jiwa memiliki peran sangat penting bagi keluarga dari sejak seorang mulai bekerja (income and debt protection), menikah, memiliki anak sampai meninggal (warisan),” ungkap Tri Djoko.

Karena itu, Polis asuransi jiwa dikemas dalam bentuk premi proteksi saja dan premi proteksi plus nilai tunai (tabungan atau investasi) untuk tujuan dan manfaat keuangan yang berbeda. “Perlu diingat, seiring berjalannya waktu, premi proteksi asuransi akan terus meningkat seiring bertambahnya usia, inflasi dan jenis proteksi," papar Tri Djoko.

Menurut dia, premi nilai tunai salah satunya manfaat untuk membantu membayar kenaikan premi asuransi. "Selain itu, premi nilai tunai dapat memberi manfaat-manfaat tabungan dan investasi lainnya,” ujarnya.

Senior Vice President PT Schroders Investment Management Indonesia Adrian Maulana menambahkan, dalam hal berinvestasi, calon investor atau pemegang polis harus lebih dahulu mengenal produk investasi dan profil risiko dari nasabah. “Tingkat risiko dari setiap jenis instrumen investasi itu berbeda-beda dan disesuaikan dengan profil risiko nasabah," katanya.

Peran perusahaan asuransi, kata Adrian, juga perlu untuk memberikan edukasi kepada calon investor atau pemegang polis, karena mereka mempunyai hak untuk berinvestasi sesuai dengan profil risikonya. "Kedua unsur ini sangat penting agar tidak muncul dispute di kemudian hari,” jelas Adrian dalam sesi webinarnya.

Dalam hal pembelian produk asuransi yang terhubung investasi, nasabah berhak menentukan pilihan investasi dan sebaiknya memilih jenis instrumen investasi dengan hati-hati sesuai dengan profil risiko nasabah. “Biasanya setiap produk asuransi itu mempunyai fasilitas untuk melakukan switching. Dalam arti, fitur switching ini diberikan untuk memudahkan nasabah jika ingin merubah jenis produk investasinya apabila terdapat perubahan toleransi risiko nasabah yang sesuai dengan isian profil risiko nasabah,” ungkap Adrian. (OL-13)

Baca Juga: Jurnalisme Era Demokrasi Berfungsi Cegah Manipulasi Opini

Baca Juga

Ist

PT Jasa Raharja Lakukan Inovasi dan Transformasi Bisnis

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 06 Mei 2021, 17:12 WIB
Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Rahardjo, mengungkapkan realisasi pendapatan Jasa Raharja mengalami surplus dari anggaran tahun lalu...
Antara

Hingga Akhir Tahun, Rupiah Diprediksi Rp14.200 per US$

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 06 Mei 2021, 16:43 WIB
Saat ini, pergerakan rupiah berada di level Rp14.407 per dolar AS. Salah satu faktor yang mendorong penguatan rupiah ialah penurunan yield...
Antara

Teten: Program Pemerintah Bantu UMKM Bertahan di Masa Pandemi

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 06 Mei 2021, 16:28 WIB
Dukungan terhadap sektor UMKM diwujudkan melalui program PEN, di mana pemerintah pada tahun ini mengalokasikan sebesar Rp193,53...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya