Rabu 07 April 2021, 23:58 WIB

Pemerintah Subsidi Ongkir Rp500 miliar Jelang Harbolnas Lebaran

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Pemerintah Subsidi Ongkir Rp500 miliar Jelang Harbolnas Lebaran

Antara
Airlangga Hartarto

 

MENTERI Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan pemerintah memberikan subsidi ongkos kirim untuk program hari belanja nasional (Harbolnas) jelang Hari Raya Idul Fitri 2021.

"Pemerintah akan mensubsidi ongkos kirim seningga pemerintah menyiapkan anggaran sebesar Rp 500 miliar," jelas Airlangga dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (7/4).

Langkah tersebut, sebut Airlangga, guna mendorong daya beli masyarakat jelang lebaran dengan membeli barang atau produk-produk nasional di platform e-commerce yang tersedia.

"Pemerintah akan mendorong (kegiatan) Harbolnas, di mana di H-10 dan H-5, Harbolnas melalui dengan online ditujukan untuk produk nasional," ujar Airlangga.

Politikus Golkar itu menyampaikan, berdasarkan arahan Presiden Joko Widodo, upaya subsidi itu diharapkan dapat menjaga momentum pertumbuhan ekonomi di tengah pandemi.

"Dengan pertumbuhan ekonomi dan penanganan covid-19 harus berjalan seiring dan oleh karena itu yang terkait dengan demand side itu perlu dilanjutkan,” pungkas Airlangga.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, adanya pelarangan kegiatan mudik dari 6 hingga 17 Mei, insentif itu perlu dimanfaatkan dalam mengirimkan produk-produk berupa parsel.

"Pengiriman produk-produk ekonomi kreatif pengganti dari larangan mudik ini sebagai opsi bagi para anggota masyarakat yang tidak bisa bersilaturahim ke kampung halamannya," jelas Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta dalam konferensi pers secara virtual, Senin (5/4). (OL-8)

Baca Juga

Dok:  Citi Indonesia

Citi Indonesia Tegaskan Komitmen Pelayanan Nasabah Consumer Bank

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 19 April 2021, 09:16 WIB
CEO Citi Indonesia Batara Sianturi menyatakan pihaknya memiliki bisnis Consumer yang kuat dan menguntungkan di Indonesia sekaligus memiliki...
DOK KEMENPERIN

Hannover Messe: Ajang Indonesia Tampilkan Kemampuan Industri 4.0

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 19 April 2021, 07:00 WIB
Hannover Messe 2021 Digital Edition diikuti 1.800 ekshibitor yang menampilkan lebih dari 7.000 produk. Indonesia sendiri menampilkan...
DOK PT POS INDONESIA.

Bangun Ekonomi Kerakyatan, Pos Indonesia Gagas Agen Pos Pesantren

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 19 April 2021, 05:00 WIB
Hingga Juni 2021 mendatang, Pos Indonesia menargetkan bisa memiliki 1.000 Agen Pos di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jalan Tol dan PKT untuk Ekonomi yang Lebih Baik

Pembangunan jalan tol sejatinya berpengaruh terhadap roda perekonomian bahkan sejak mulai tahap perencanaan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya