Selasa 09 Maret 2021, 12:04 WIB

AFPI Siap Bantu Pembiayaan Masyarakat dan UMKM Unbankable

Despian Nurhidayat | Ekonomi
AFPI Siap Bantu Pembiayaan Masyarakat dan UMKM Unbankable

ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Co-Founder Tokomodal Chris Antonius (kanan) menyaksikan pedagang kelontong Outlet Binaan Alfa melakukan pemesanan pembelian barang.

 

KETUA Umum Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) Adrian Gunadi menegaskan AFPI akan mendukung pemerintah untuk menyalurkan pembiayaan kepada mayarakat. Khusunya bagi masyarakat dan UMKM yang tidak dapat mengakses pembiayaan melalui perbankan.

Hal itu terbukti dari capaian pada tahun 2020 lalu, pembiayaan melalui fintech lending berhasil tumbuh mencapai 25% yoy atau secara tahunan. Ini menunjukkan bahwa masyarakat sudah mulai melirik fintech sebagai salah satu solusi pembiayaan.

"Saya kira fintech telah banyak terlibat dalam hal pembiayaan melalui restrukturisasi dan lainnya. Jadi saya melihat perkembangan digital juga semakin cepat dan kami harus lebih meningkatkan inisiatif untuk membantu pemulihan ekonomi Indonesia," kata Adrian Gunadi dalam acara Fintech Webinar AFPI, Selasa (9/3).

Lebih lanjut, Adrian mengatakan saat ini AFPI memiliki 148 anggota yang sudah berizin dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Diakuinya pandemi covid-19 memang telah membuat keadaan menjadi sulit baik itu untuk sektor kesehatan dan ekonomi. Namun, dari sisi baiknya, perkembangan teknologi digital semakin masif.

baca juga: Kenaikan Bond Yield US, IHSG Rawan Tertekan

"Pandemi covid-19 telah mengubah cara berbisnis masyarakat dengan memanfaatkan digital. UKM juga saat ini sudah semakin dekat dengan digital dan pembiayaan melalui fintech lending menjadi jawaban kebutuhan digital," kata Adrian.

Dia juga berharap bahwa industri fintech bisa menjawab tantangan yang ada dengan adanya inisiatif dari fintech yang membuat fintech dapat berkontribusi secara positif pada pertumbuhan ekonomi Indonesia. (OL-3)

Baca Juga

Antara/Fikri Yusuf

Mudik Dilarang, Prokes Ketat di Tempat Wisata Lokal Disiapkan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 23:04 WIB
"Destinasi lokal akan mendapat limpahan kunjungan. Dengan prokes ketat dan disiplin mereka akan mempertimbangkan destinasi wisata...
Dok. KKP

KKP Tangkap 5 Kapal Ilegal Berbendera Vietnam yang Incar CumiĀ 

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 23:01 WIB
Direktur Pemantauan dan Operasi Armada KKP Pung Nugroho Saksono menyampaikan, alat tangkap yang digunakan kelima kapal tersebut berupa...
Antara/Muhammad bagus Khoirunnas

Diseminasi Fakta Objektif Kelapa Sawit, BPBPKS Jalin Kolaborasi

👤Despian Nurhidayat 🕔Senin 12 April 2021, 22:07 WIB
Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menggandeng Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) untuk mendiseminasikan fakta...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya