Senin 08 Maret 2021, 14:11 WIB

PPI dan Petrokimia Gresik Sepakat Genjot Serapan Pupuk Nonsubsidi

Heryadi | Ekonomi
PPI dan Petrokimia Gresik Sepakat Genjot Serapan Pupuk Nonsubsidi

Dok.PPI
Berpose seusai penandatangan kerja sama PPI dengan Petrokimia Gresik

 

PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI dan PT Petrokimia Gresik menyepakai kerja sama untuk meningkatkan penjualan pupuk nonsubsidi di pasar ritel dengan menyediakan pupuk berkualitas serta nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Kesepakatan itu dituangkan melalui penandatanganan Joint Business Planning (JBP) Retail Management atau Customer Centric Model (CCM) di Gresik, Jawa Timur, pada Jumat (05/03).

CCM merupakan salah satu program inovasi Petrokimia Gresik untuk meningkatkan penjualan pupuk nonsubsidi di pasar ritel dengan menyediakan pupuk berkualitas serta nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tanaman, dan merupakan strategi pendekatan pemasaran dan penjualan yang fokus terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen untuk meningkatkan marketshare produk.

Program tersebut berfokus pada kemitraan strategis dengan distributor, kios, dan petani serta membangun kekuatan digital dalam rantai pasok produk pupuk serta memberikan pelayanan ekstra kepada pelanggan. Program ini diinisasi untuk meningkatkan penjualan pupuk nonsubsidi.

CCM juga berupaya meningkatkan sistem manajemen distributor excellence, memperkuat hubungan dengan distributor, retailer dan petani; memberikan input produk yang dibutuhkan kustomer; serta standardisasi model bisnis untuk distributor dan retailer; juga mendapatkan masukan dari kustomer.

"Ini adalah program yang sangat baik, yang akan memberikan posisi yang bagus dan dominan di sektor agroindustri melalui sistem CCM ini, dimana tujuannya adalah untuk meningkatkan produktivitas pertanian khususnya mengurangi ketergantungan terhadap pupuk bersubsidi. Kami sebagai distributor tentu akan sangat terbantu dalam peningkatan service excellence kepada retailer dan petani," ujar Cipto Hartoyo, Plt RM PPI Cabang Surabaya dalam keterangan resmi, Senin (8/3).

Vice President Sales & Networking Domestic PPI, Hemly Jambo, mengatakan trading saprotan ini merupakan bisnis regular dan captive PPI dalam kelompok produk nonpangan. "PPI terus meningkatkan synergi value ini dengan principal Pupuk Indonesia dan Holding, sebagai strategic initiative yang akan dikembangkan dalam rencana kerja PPI di klaster pangan. Peningkatan marketshare akan kita gembleng di 2021 ini,” ungkap Hemly di Jakarta.

Dalam program yang diiniasi oleh Pupuk Indonesia tersebut, Petrokimia Gresik mendapatkan amanah pendampingan agro solution di 2021 seluas 16.000 hektar (ha) dan penjualan produk pupuk nonsubsidi sejumlah 8000 ton yang terdiri dari 4.800 ton NPK non-subsidi dan 3200 ton urea nonsubsidi. (E-3)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Sinergi Samakan Data Antar-Lembaga Bisa Menarik Investasi

👤 Fetry Wuryasti 🕔Rabu 01 Februari 2023, 10:10 WIB
Menteri BUMN RI Erick Thohir mengatakan sejak 2018, BUMN bersinergi dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk memastikan...
MI/Susanto

Bank Jago Berencana Lakukan Direct Landing di Aplikasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 09:08 WIB
Keunggulan Bank Jago dalam kerja sama pembiayaan adalah portofolio dana murah yakni tabungan dan giro  yang cukup...
Antara/Aprilio Akbar

Sri Mulyani: Pergantian Gubernur BI Sudah Diatur dalam UU

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 08:22 WIB
Menkeu, Gubernur BI Perry Warjiyo dan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya