Senin 08 Maret 2021, 07:15 WIB

Mau Jadi Bank Digital, BRI Agro Perkuat Sinergi dengan Fintech

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Mau Jadi Bank Digital, BRI Agro Perkuat Sinergi dengan Fintech

Dok.BRI Agro
Kerja sama BRI Agro dan Fintech Modal Rakyat

 

PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (BRI Agro)digadang-gadang akan menjadi bank digital. 

Anak perusahaan dari BRI kembali memperkuat sinergi dengan salah satu fintech di Indonesia seiring dengan peningkatan tren digital.  BRI Agro dan Modal Rakyat sebagai perusahaan fintech lending tengah menjajaki peluang baru dalam kolaborasi bisnis untuk membangun ekosistem digital financial.

Hal itu selaras dengan komitmen yang diresmikan di dalam MoU pada bulan Desember 2020. Sebagai wujud komitmen itu, BRI Agro merealisasikan kerjasama dengan menyalurkan
pembiayaan bagi pelaku usaha mikro melalui Modal Rakyat sebagai Fintech Peer to Peer Lending. BRI Agro menyalurkan pembiayaan bagi agen pulsa. Pola kerjasama pembiayaan bagi agen pulsa melibatkan Payfazz yang merupakan salah satu mitra strategis Modal Rakyat yang bergerak di bidang ekosistem PPOB (Payment Point Online Bank). 

“Penyaluran Modal Rakyat sendiri 90% porsinya merupakan kredit produktif untuk segmen bisnis usaha menengah, kecil, hingga mikro. Untuk segmen mikro, Modal Rakyat menyalurkan pembiayaan bagi agen pulsa yang berada pada ekosistem Payfazz” jelas Ebeneser Girsang selaku Direktur Utama BRI Agro. 

Kolaborasi antara bank dengan fintech berupa dukungan pembiayaan dari BRI Agro untuk agen pulsa melalui Modal Rakyat bertujuan untuk memperluas cakupan pembiayaan Modal
Rakyat. “Kami berharap penyaluran ini dapat meningkatkan kapasitas para agen pulsa, baik dari sisi transaksi, layanan, hingga peningkatan kualitas bisnis,” ungkap Hendoko selaku CEO Modal Rakyat. 

Pengunaan kredit adalah untuk menambah modal usaha sehingga bisnis para agen pulsa dapat berkembang lebih besar lagi. 

Mitigasi risiko dalam seleksi calon peminjam dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu: memastikan agen telah lolos verifikasi akun di aplikasi Payfazz; validasi data pengajuan; menganalisis kualitas transaksi agen dalam aplikasi; verifikasi agen calon peminjam melalui video call; hingga analisis riwayat pinjaman yang
pernah diajukan di Modal Rakyat. 

Penyaluran pembiayaan yang dilakukan kepada agen mulai dari Rp500.000,- hingga Rp2.000.000,- dengan periode 7-14 hari kalender. “Adapun agen yang dapat menerima pembiayaan melalui Modal Rakyat harus sudah terdaftar sebagai Agen Payfazz” tambah Hendoko. 

BRI Agro telah menyalurkan pinjaman kepada UMKM melalui Platform Modal Rakyat hingga sekitar Rp 10 Miliar pada posisi Desember 2020.  Selain itu, sebagai salah satu Bank penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR), BRI Agro juga akan memberikan kredit modal kerja kepada Agen Payfazz yang telah memiliki usaha di sektor perdagangan untuk meningkatkan usahanya. 

Melalui kolaborasi ini, diharapkan BRI Agro dapat meningkatkan layanan dan menyediakan produk digitalnya bersama Fintech di Indonesia untuk terus memperluas inklusi keuangan bagi seluruh masyarakat.  “Kolaborasi ini merupakan wujud nyata transformasi digital dan dukungan BRI Agro sebagai institusi perbankan terhadap ekosistem digital, untuk terus mendukung pelaku UMKM di Indonesia” tutup Ebenese. (RO/E-1)

Baca Juga

DOK POS INDONESIA

Pos Indonesia Berbagi Jutaan Takjil Gratis pada POSweet Ramadan

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 15 April 2021, 05:00 WIB
PT Pos juga akan memberikan undian gratis berhadiah 15 paket umrah bagi pelanggan yang bertransaksi pada 20 April-31 Mei...
Dok BKPM

Perubahan BKPM Jadi Kementerian Sudah Terprediksi

👤Putri Rosmalia Octaviyani 🕔Kamis 15 April 2021, 03:25 WIB
PERUBAHAN nomenklatur Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menjadi Kementerian Investasi bukan hal yang...
Dok Pelni

Muatan Kapal Penumpang Pelni Tumbuh Jadi 106% di Triwulan I 2021

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 14 April 2021, 23:39 WIB
Selain itu, Pelni juga mencatatkan pertumbuhan pada muatan kontainer kapal tol laut perusahaan yang tumbuh signifikan menjadi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Tajamnya Lancang Kuning di Lapangan

 Polda Riau meluncurkan aplikasi Lancang Kuning untuk menangani kebakaran hutan dan lahan. Berhasil di lapangan, dipuji banyak kalangan.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya