Selasa 02 Maret 2021, 11:42 WIB

Ngawi Punya Potensi Kembangkan Desa Wisata

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Ngawi Punya Potensi Kembangkan Desa Wisata

ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto
Wisatawan menikmati pemandangan di Taman Bunga Soeratmo, Ngale, Ngawi, Jawa Timur, Minggu (7/7/2019)

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pengembangan potensi desa wisata di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Dia menuturkan, wilayah itu dianggap memiliki potensi produk kreatif yang berkearifan lokal, seperti, batik, teh, dan bonggol akar jati.

"Di Indonesia wujud dari ekowisata ya desa wisata. Apalagi ada sekitar 200 desa di Ngawi. Jadi untuk mengembangkan potensi desa wisata ini perlu dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Ngawi," kata Sandiaga dalam keterangannya, Selasa (2/3).

Selain itu, dia juga menyebutkan Ngawi memiliki potensi di bidang agrowisata. Hal ini, lanjutnya, mengingat kabupaten itu berada di sisi paling barat Jawa Timur yang dikatakan banyak memiliki industri pangan.

"Ngawi ini juga lumbung padi kita. Saya lihat banyak sekali industri pangan yang tumbuh di Ngawi dan bisa dijadikan agrowisata," ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu.

Kemenparekraf, ungkap Sandiaga, tengah menggencarkan program pendampingan dan pengembangan wirausaha di desa wisata. Program ini juga dapat dilaksanakan di desa-desa wisata yang ada di Ngawi, salah satunya Desa Ngubalan.

"Program-program ini gratis bagi semua yang punya ilmu dan kemampuan. Selain itu kami sedang merancang pendampingan untuk 244 desa wisata dan desa-desa yang ada di Kabupaten Ngawi ini juga akan menjadi prioritas kita," tutur Sandiaga.

baca juga: Bali Dapat Prioritas Vaksin Sektor Pariwisata

Sementara itu, Bupati Ngawi Ony Anwar Harsono berharap, ke depannya akan ada kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Ngawi dan Kemenparekraf sebagai upaya membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

"Kita tunggu kehadiran Mas Menteri dan jajaran di Kabupaten Ngawi untuk melihat langsung bagaimana kita berproses meningkatkan kesejahteraan masyarakat lewat pariwisata dan ekonomi kreatif. Kami akan terus bersinergi dengan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Ngawi," ucap Ony. (OL-3)
 

Baca Juga

Dok. TikTok

Kolaborasi dengan Smesco, TikTok Ajak Bangga Gunakan Produk UKM

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:30 WIB
Gernas BBI diharapkan dapat mendukung target pemerintah untuk meningkatkan kontribusi UMKM terhadap PDB Negara yaitu sekitar 65% di tahun...
Dok. Pribadi

Ini Usulan Persatuan Insiyur Indonesia soal Ibu Kota Baru

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:15 WIB
IKN yang diibaratkan, memulai dari kertas putih maka berkesempatan menjadikan IKN sebagai standar baru ibukota dunia yang menjadi acuan...
Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Pangansari Pasok Katering Premium untuk Proyek Wika di Luar Negeri

👤Micom 🕔Sabtu 17 April 2021, 21:57 WIB
PT Pangansari Utama Food and Resources menandatangi nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan konstruksi PT Wijaya Karya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya