Sabtu 27 Februari 2021, 21:40 WIB

Teten Optimistis Kembalikan Kejayaan Tambak Udang Bumi Dipasena

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Teten Optimistis Kembalikan Kejayaan Tambak Udang Bumi Dipasena

MI/ Insi Nantika Jelita
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat di Lampung

 

PEMERINTAH berupaya membangkitkan pertambakan udang Bumi Dipasena di Kabupaten Tulang Bawang, Lampung. Saat ini kegiatan operasional budidaya udang tersebut berjalan secara mandiri.

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Teten Masduki saat berada di Kantor Perhimpunan Petambak Pengusaha Udang Wilayah (P3UW) Tulang Bawang, Lampung, Sabtu (27/2), menuturkan, dibutuhkan kemitraan, baik dalam bentuk rantai pasok maupun permodalan.

 

"Sekarang saatnya bagaimana Dipasena dibangkitkan kejayaannya kembali. Pak Presiden Joko Widodo sudah memberi arahan untuk meningkatkan ini, karena termasuk prioritas kerja," ungkap Teten.

 

Teten menegaskan, pihaknya akan bersinergi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk menargetkan produksi udang terbesar ketiga di dunia.

 

Diketahui, dengan luas lahan hingga 16.250 hektare, Bumi Dipasena pernah menjadi kawasan tambak udang terbesar di Asia Tenggara pada 1990-an dengan bisa memproduksi rerata 200 ton per hari. Namun, setahun terakhir produksi udang jenis vaname di kawasan tambak itu hanya mencapai 80 ton per hari.

 

"Tambak Dipasena ini sama-sama kita bangun menjadi kekuatan udang yang besar. Yang diperlukan sekarang ialah penguatan kelembagaan, mendorong koperasi yang ada serta pembiayaan Yang dikondosolikan dengan perbankan dan koperasi," jelas Teten.

 

Dalam kesempatan yang sama, Sekjen P3UW Aprianto mengaku, pihaknya membutuhkan permodalan dari pemerintah untuk meningkatkan produksi udang dan pemasaran ke pasar lebih luas lagi. P3UW sendiri diketahui sebagai tempat pengumpulan modal bersama dari petambak plasma tersebut.

Menurutnya, rata-rata modal yang dibutuhkan petambak udang saat ini ialah Rp30 juta hingga Rp50 juta.

"Kendala kami memang di permodalan. Selama ini modal ada dari sendiri dan ada yang sistem binaan atau bagi hasil, Kita berharap dapat bantuan dari untuk membangkitkan perekonomian kami," imbuhnya.

Disatu sisi, dia juga menyebut, sejak Bumi Dipasena mendapatkan aliran listrik dari PLN pada Maret 2020 lalu, petambak udang di Dipasena perlahan bangkit dalam panen udang vaname. Yang sebelumnya, memproduksi 40 hingga 50 ton perhari, dikatakan meningkat menjadi 80 ton per hari. Hal ini, kata Aprianto, mesti digenjot kedepannya.

 

Sementara itu, Bupati Tulang Bawang Winarti menuturkan, pihaknya berusaha mendukung kegiatan UMKM dan koperasi di wilayahnya. Menurutnya, lebih dari Rp9 miliar, pemerintah mengucurkan dana bantuan untuk mendukung keberlanjutan UMKM dan koperasi.

"Setiap kampung diberikan 40 juta. Kita latih para UMKM, kita bangkitkan umkm dengan dibantu 20 juta per kelompok yang tersebar di 151 kampung. Total ada 400 lebih kelompok UMKM yang kita berdayakan," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

Dok. TikTok

Kolaborasi dengan Smesco, TikTok Ajak Bangga Gunakan Produk UKM

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:30 WIB
Gernas BBI diharapkan dapat mendukung target pemerintah untuk meningkatkan kontribusi UMKM terhadap PDB Negara yaitu sekitar 65% di tahun...
Dok. Pribadi

Ini Usulan Persatuan Insiyur Indonesia soal Ibu Kota Baru

👤Syarief Oebaidillah 🕔Sabtu 17 April 2021, 23:15 WIB
IKN yang diibaratkan, memulai dari kertas putih maka berkesempatan menjadikan IKN sebagai standar baru ibukota dunia yang menjadi acuan...
Medcom.id/Sri Yanti Nainggolan

Pangansari Pasok Katering Premium untuk Proyek Wika di Luar Negeri

👤Micom 🕔Sabtu 17 April 2021, 21:57 WIB
PT Pangansari Utama Food and Resources menandatangi nota kesepahaman (MoU) dengan perusahaan konstruksi PT Wijaya Karya...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya