Kamis 25 Februari 2021, 12:03 WIB

Pemerintah Tidak Pernah Bilang Tesla akan Bangun Pabrik Mobil

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Pemerintah Tidak Pernah Bilang Tesla akan Bangun Pabrik Mobil

SAUL LOEB / AFP
Dealer mobil Tesla

 

MENTERI  Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan bahwa pemerintah tidak pernah mengatakan bahwa Tesla akan membangun pabrik mobil di Indonesia. Menurutnya Tesla saat ini justru tengah mempertimbangkan untuk melakukan investasi dalam hal starlink, launching pad, hypersonic, baterai lithium, stabilizer energi

"Kita tidak pernah bicara pabrik mobil," ungkapnya dalam CNBC Indonesia Economic Outlook 2021 secara virtual, Kamis (25/2).

Menurut Luhut, Indonesia memiliki sumber daya yang dibutuhkan untuk industri mobil listrik dan pendukungnya. Misalnya untuk kerangka mobil dan baterai listrik, Indonesia punya nikel, tembaga dan bauksit. Hal ini merupakan potensi yang tentunya banyak dilihat oleh para investor. Secara tersirat, dia pun menegaskan bahwa pembahasan terkait investasi itu masih dalam tahap pembicaraan.

"Mereka melihat potensi kita (Indonesia), sampai hari ini kita masih bicara," kata Luhut.

baca juga: Bahlil: Kita Segera Teken Kerja Sama dengan Tesla

Dia memastikan bahwa pengembangan baterai lithium yang berasal dari nikel dan komoditas lainnya di Indonesia akan mulai diproduksi massal pada 2023. Dia mengatakan sudah ada perusahaan-perusahaan besar yang terlibat dalam produksi seperti CATL dan LG.

"Jadi nikel ore ini ada smelternya, kemudian cooper ada smelter dan turunannya ada asam sulfat yang dibutuhkan lithium baterai, dan di Wedabe ini akan diproduksi asal sulfat 2023 dan lithium 2023. Jadi global chain itu ada di Indonesia sampai turunannya," pungkasnya. (OL-3)

Baca Juga

MI/Susanto

4 Korban Luka Berat Kebakaran Balongan Telah Pulang

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 12 April 2021, 12:35 WIB
Hendri memastikan korban luka berat atas kejadian kebakaran Kilang Balongan pada Senin (29/3) lalu juga akan mendapat bantuan berupa...
Antara

PGN Dorong Ekspansi dan Efisiensi Layanan Gas Bumi

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 12 April 2021, 11:45 WIB
Pipa minyak rokan merupakan salah satu proyek energi terbesar yang mencetak efisiensi anggaran sebesar Rp2,1...
ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Terbitkan SE THR Kemnaker: THR Wajib Dibayar Penuh

👤 M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 12 April 2021, 11:24 WIB
"Saya tekankan bahwa THR Keagamaan wajib dibayarkan paling lama 7 hari sebelum hari raya keagamaan pekerja/buruh yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Modal Bikin Bank Baru kian Besar

 Di ketentuan RPOJK Bank Umum, bagi perbankan yang baru mau berdiri, diwajibkan memenuhi modal inti Rp10 triliun, termasuk untuk pendirian bank digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya