Senin 15 Februari 2021, 14:17 WIB

PLN Catatkan Rasio Elektrifikasi di NTT Sudah Mencapai 87,31%

Despian Nurhidayat | Ekonomi
PLN Catatkan Rasio Elektrifikasi di NTT Sudah Mencapai 87,31%

Antara
Pekerja beraktivitas di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (Gitet) transmisi Jawa bagian timur dan Bali di Kota Kediri, Jawa Timur.

 

PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Timur baru saja mencatatkan rasio elektrifikasi di NTT yang meningkat 0,95% pada Desember 2020. Secara rinci, peningkatan tersebut terlihat dari rasio elektrifikasi pada April 2020 sebesar 86,36% menjadi 87,31% per Desember 2020.

"Meningkatnya rasio elektrifikasi ini seiring dengan semakin banyak desa-desa yang mulai teraliri listrik PLN," ungkap General Manager PT PLN UIW NTT Agustinus Jatmiko dilansir dari keterangan resmi, Senin (15/2).

Baca juga: Nilai Ekspor Januari 2021 Naik 12,24% Jadi US$15,30 Miliar

Lebih lanjut, peningkatan rasio elektrifikasi ini disebabkan oleh pembangunan listrik ke desa-desa yang terus berjalan di NTT secara bertahap. Agustinus mencontohkan sebanyak 39 desa teraliri listrik PLN dari Desember 2020 hingga Februari 2021.

Dia mengakui pembangunan listrik desa di wilayah NTT tidak mudah karena menghadapi tantangan berupa medan geografis yang sulit di desa-desa wilayah pelosok atau terpencil. Selain itu, banyak desa yang sulit terjangkau dengan kendaraan, sehingga mobilisasi material dilakukan dengan tenaga manusia.

"Karena itu, kita bersyukur dengan kondisi yang menantang ini, tetapi dengan kerja keras PLN terus dilakukan di lapangan sehingga desa-desa bisa terlistriki secara bertahap," tuturnya.

Agustinus juga memastikan pembangunan listrik desa di NTT akan terus dikerjakan dengan tetap mengedepankan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja di tengah situasi pandemi covid-19. Ia menargetkan rasio elektrifikasi di NTT mencapai 100% hingga akhir 2021.

Dia juga berharap dengan progres pembangunan listrik desa yang terus bertambah di lapangan dapat bermanfaat dalam mendorong laju pertumbuhan berbagai sektor pembangunan desa seperti ekonomi dan pendidikan. (OL-6)
 

Baca Juga

MI/Noor Alam.

Travel Bubble antara Kepri-Singapura bakal Dibuka Mei

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 13 April 2021, 20:39 WIB
Kemenparekraf mendorong penerapan sertifikasi CHSE (cleanliness, health, safety, environment/CHSE), baik pada usaha pariwisata, produk,...
Antara/Nova Wahyudi

Di Hannover Messe, Pertamina Pertegas Dukungan Transisi Energi  

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 13 April 2021, 20:37 WIB
Pertamina memastikan langkahnya untuk mendukung pembangunan hijau dan...
Dok. Lanxess

Lanxess Hadirkan Inovasi Material Plastik Khusus di Chinaplas 2021

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 13 April 2021, 20:34 WIB
Lanxess mengklaim, material berkinerja tinggi yang diproduksinya itu dapat memenuhi persyaratan sejumlah industri, termasuk yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya