Minggu 17 Januari 2021, 09:21 WIB

Sandiaga Pastikan Mandalika Layak Jadi Venue Wisata Olahraga

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sandiaga Pastikan Mandalika Layak Jadi Venue Wisata Olahraga

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno (kedua kiri) mengendarai sepeda listrik produksi UMKM NTB kawasan Mandalika

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno memastikan Kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), yang menjadi salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas (DSP) layak menjadi venue gelaran wisata olahraga atau sport tourism.

Hal itu disampaikan dirinya saat melakukan serangkaian olahraga secara terus-menerus (triathlon) mulai dari berenang sejauh 500 meter di Pantai Tanjung Aan dilanjutkan bersepeda sejauh 7,5 kilometer dan berlari sejauh 2,5 kilometer ke kawasan Pantai Kuta Mandalika pada Sabtu (16/1).

Sandiaga menyebut olahraga yang dilakukannya tersebut merupakan bagian dari persiapan para komunitas seperti Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) untuk menyambut event internasional dengan mulai menggunakan kawasan Mandalika.

“Ini adalah tempat yang layak sebagai lokasi sport tourism. Kami mengajak komunitas-komunitas berkoordinasi dengan ITDC untuk mulai menyusun eventnya sepanjang tahun ini menjelang perhelatan MotoGP," kata Sandiaga dalam keterangannya.

Baca juga:

Dalam kesempata yang sama, Direktur Utama ITDC Abdulbar Mansoer yang akrab disapa Barry menjelaskan Mandalika memang disiapkan untuk menjadi destinasi sport tourism dengan lima agenda internasional.

“Di tahun 2021 akan ada lima event internasional mulai dari MotoGP, Superbike, Iron Man, L'etape Indonesia yang menjadi rangkaian Tour de France, dan Rinjani 100,” ujarnya.

Barry mengatakan kawasan Mandalika yang berdiri di lahan 1.100 hektare tersebut memiliki lima pantai dan beberapa bukit yang bisa digunakan olahraga lainnya.

“Selain pantai, kami juga memiliki gunung yang bisa digunakan untuk parasailing, landingnya di Pantai Kuta Mandalika. Nantinya juga akan ada lapangan golf. Intinya Mandalika siap memfasilitasi gelaran sport tourism yang digelar di Indonesia,” pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Erick : Restrukturisasi Bisnis Bikin BUMN Buntung Jadi Untung

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:41 WIB
Dia menyebut telah memangkas jumlah perusahaan BUMN dari sebelumnya 142 perusahaan menjadi hanya...
AFP/Andy Buchanan.

Saudi Luncurkan Daerah Wisata Lepas Pantai Pertama di Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:15 WIB
Rig ialah proyek di sektor pariwisata dan hiburan, salah satu sektor strategis utama PIF, dan diharapkan dapat memberikan nilai tambah yang...
Dok Kementeriqn Luar Negeri

Forum Bisnis RI-Amerika Latin Raup Transaksi Rp1,23 Triliun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:03 WIB
Terdiri dari transaksi dagang yang telah disepakati sebesar US$19,08 juta atau Rp268 miliar dan komitmen dagang US$68,88...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mengenal Skandal Menghebohkan Pandora Papers

Rahasia kekayaan para elite kaya yang berasal dari 200 negara dan wilayah di dunia terungkap melalui dokumen Pandora Papers

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya