Kamis 17 Desember 2020, 07:00 WIB

125 Ribu Karyawan dari 5 Negara Peringati HUT ke-125 BRI

Media Indonesia | Ekonomi
125 Ribu Karyawan dari 5 Negara Peringati HUT ke-125 BRI

Dok. BRI
Direktur Utama BRI Sunarso (kiri) disaksikan Komisaris Utama BRI Kartika Wirjoatmodjo (kanan)

 

Direktur Utama BRI Sunarso (kiri) disaksikan Komisaris Utama BRI Kartika Wirjoatmodjo (kanan) melakukan prosesi potong tumpeng di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Rabu (16/12). Mengusung tema "Untuk Indonesia BRILiaN" perayaan HUT Ke-125 BRI kali ini dilakukan secara virtual diikuti oleh 125 ribu karyawan BRI di 5 negara.


PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) memperingati ulang tahun yang ke-125, kemarin. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan HUT BRI bertemakan ‘Untuk Indonesia BRILiaN’ ini dilaksanakan secara virtual karena di tengah kondisi pandemi covid-19. Sebanyak 125 ribu kar yawan BRI yang tersebar di lima negara (AS, Singapura, Timor Leste, Hong Kong dan Indonesia) mengikuti acara tersebut.

HUT BRI pun dirayakan dengan suksesnya penyelenggarakan BRI UMKM EXPO (RT) BRILIANPRENEUR 2020 pada 1-15 Desember 2020.

Selain memberikan berbagai penghargaan kepada pekerja yang telah memberikan kontribusi terbaik, BRI selenggarakan acara ngobrol bareng dengan pekerja BRI dan insan BRILiaN performance BRI, pemotongan tumpeng serentak, penampilan BRILiaN Voice, gamelan performance oleh jajaran top management, pengumuman berbagai lomba, doorprize/hadiah ratusan juta rupiah dan peluncuran buku.

Dalam momen khusus tersebut, BRI meluncurkan dua buku spesial, yaitu buku 125 Tahun tentang catatan perjalanan selama 125 Tahun BRI.

Buku kedua berjudul Bersih-bersih Kali tentang perjalanan Program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam mewujudkan program pro people, pro planet dan pro profit melalui revitalisasi sungai di 19 wilayah BRI di Indonesia yang mengubah wajah sungai-sungai di Indonesia menjadi bersih dan bermanfaat bagi masyarakat.

Sepanjang 2020, BRI juga telah berperan dalam kegiatan CSR unggulan, di antaranya BRI Peduli Pencegahan Covid-19 (8.981 alat pelindung diri, 1,3 juta masker, 6.812 hand sanitizer, 6.247 spot wastafel, 259 ribu sembako gratis, bantuan tanggap darurat covid-19 lainnya), bantuan 107 ambulans, dan program beasiswa bagi 5.000 pelajar, dan pemberian bantuan kacamata gratis.

Direktur Utama BRI, Sunarso mengatakan, HUT ke-125 merupakan momentum besar bagi BRI untuk tetap berkomitmen memberikan yang terbaik bagi Tanah Air. Ia bersyukur dan senantiasa optimistis, BRI terus mendukung UMKM serta mendorong peningkatan perekonomian di Indonesia. “BRI ke depan harus bisa melayani rakyat sebanyak mungkin dengan biaya serendah mungkin. Go smaller, go faster, go shorter dan go cheaper. Dengan arah transformasi tersebut, BRI kini menyediakan berbagai layanan perbankan berbasis digital yang jauh lebih efisien dan dapat menjangkau pasar yang lebih luas,” tambah Sunarso.

BRI pun ikut mendukung pemulihan ekonomi nasional dan telah menunjukkan hasil. Bahkan, hingga akhir September 2020 BRI masih mampu mencatat pertumbuhan kinerja yang positif.

Optimisme ditunjukkan dari BRI Micro & SME Index (BMSI), yang mengalami peningkatan dari 65,5 menjadi 84,2 pada kuartal III/2020 dan diekspektasikan meningkat lagi menjadi 109,3 pada kuartal IV/2020.

Total penyaluran kredit konsolidasian BRI mencapai Rp935,35 triliun, tumbuh 4,86% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Angka itu lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan kredit industri sebesar 0,12% (data OJK September 2020).

Komposisi kredit UMKM BRI dibandingkan total kredit yang disalurkan BRI pun tumbuh secara signifikan, dari 78,10% pada kuartal III/2019 menjadi 80,65% pada kuartal III/2020.

“Kami akan terus berjuang bersama pelaku UMKM menghadapi gelombang pandemi guna mendorong ekonomi bergerak. Ini merupakan komitmen BRI dalam men-deliver value kepada masyarakat dan untuk Indonesia BRILiaN,” pungkasnya. (S1-25)

Baca Juga

Antara

Erick : Restrukturisasi Bisnis Bikin BUMN Buntung Jadi Untung

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:41 WIB
Dia menyebut telah memangkas jumlah perusahaan BUMN dari sebelumnya 142 perusahaan menjadi hanya...
AFP/Andy Buchanan.

Saudi Luncurkan Daerah Wisata Lepas Pantai Pertama di Dunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:15 WIB
Rig ialah proyek di sektor pariwisata dan hiburan, salah satu sektor strategis utama PIF, dan diharapkan dapat memberikan nilai tambah yang...
Dok Kementeriqn Luar Negeri

Forum Bisnis RI-Amerika Latin Raup Transaksi Rp1,23 Triliun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 23:03 WIB
Terdiri dari transaksi dagang yang telah disepakati sebesar US$19,08 juta atau Rp268 miliar dan komitmen dagang US$68,88...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mengenal Skandal Menghebohkan Pandora Papers

Rahasia kekayaan para elite kaya yang berasal dari 200 negara dan wilayah di dunia terungkap melalui dokumen Pandora Papers

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya