Jumat 04 Desember 2020, 19:15 WIB

Masyarakat Didorong Tingkatkan Transformasi Digital

Widhoroso | Ekonomi
Masyarakat Didorong Tingkatkan Transformasi Digital

DOK BRI
Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi BRI Indra Utoyo saat memaparkan BRI Innovation Lab Program.

 

PANDEMI Covid-19 menimbulkan percepatan dalam proses transformasi digital yang sangat erat hubungannya dengan data. Meluasnya transformasi digital yang dilakukan menyebabkan semakin besarnya volume data yang dapat dimanfaatkan sebagai dasar pengambilan keputusan.

Pentingnya transformasi digital disadari penuh oleh Bank BRI. Menurut Direktur Digital, Teknologi Informasi dan Operasi BRI Indra Utoyo, Bank BRI, yang merupakan bank terbesar di Indonesia, telah melakukan transformasi digital secara luas dan memanfaatkan data sebagai dasar pengambilan keputusan yang diambil oleh perusahaan.

“Saat ini data telah menjadi sumber kekayaan baru yang berharga bagi sebuah organisasi atau perusahaan. Dengan memanfaatkan data yang akurat, organisasi atau perusahaan dapat melakukan efisiensi anggaran dan mengambil kebijakan yang menguntungkan masyarakat luas. Selain itu, dengan memanfaatkan teknik analisis yang tepat, organisasi bisnis dapat meningkatkan profit, dan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi konsumen’ ungkap Indra dalam keterangannya, Jumat (4/12).

Lebih jauh, Indra mengatakan BRI juga berharap masyarakat luas untuk melakukakan trasformasi digital yang dinilai sudah menjadi kebutuhan saat ini. Untuk mendorong hal itu, Bank BRI mengadakan kompetisi data science 'BRI Data Hackathon 2021' yang akan berlangsung secara daring.

Dalam kompetisi ini, peserta diminta menyelesaikan permasalahan bisnis menggunakan metode machine learning. Inovasi Machine Learning terbaik dalam kompetisi ini akan mendapat hadiah uang tunai senilai Rp60 juta. Selain itu, ajang ini juga menyediakan hadiah berupa beasiswa untuki mengikuti kelas Algoritma Data Science School.

Menurut Indra, kesadaran yang tinggi akan pentingnya data-driven decision yangdipadukan dengan semangat untuk terus berinovasi dan ketulusan untuk mendukung pembangunan bangsa melalui literasi data, yang mendorong BRI menggelar kompetisi ini.

"Kompetisi ini dapat diikuti dengan gratis tanpa pungutan biaya apapun, masyarakat dapat mendaftarkan diri atau membagikan informasi mengenai BRI Data Hackathon melalui website resmi yang dapat diakses di www.brihackathon.id.

“Kami membuka kesempatan bagi seluruh masyarakat untuk mengikuti kompetisi ini. Semoga dapat mendorong minat masyarakat akan pentingnya ilmu data dan mendorong literasi data pada masyarakat luas,” tutup  Indra. (RO/R-1)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Hadapi Resesi, Ekonom Islam Sebut Indonesia Bisa Belajar dari Kisah Nabi Yusuf AS di Mesir

👤Putra Ananda 🕔Minggu 27 November 2022, 02:07 WIB
"Pada zaman Nabi Yusuf itu pun telah terjadi resesi ekonomi dan jauh sebelum terjadinya resesi ekonomi, Nabi Yusuf dan kaumnya telah...
ANTARA

Perbedaan Ekonomi Makro dan Mikro serta Contoh

👤Meilani Teniwut 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:54 WIB
Ada banyak banyak istilah yang harus dipahami agar bisa tahu perbedaan juga maknanya, apakah kalian tahu perbedaan ekonomi mikro dan makro...
Dok. Krakatau Posco

PT Krakatau Posco Raih Level Tertinggi dalam Penghargaan Industri Hijau Tahun 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 26 November 2022, 19:28 WIB
Penilaian Penghargaan Industri Hijau didasarkan pada tiga aspek utama penilaian yakni efisiensi proses produksi, kinerja pengelolaan limbah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya