Jumat 04 Desember 2020, 14:45 WIB

Menariknya Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Tanzania

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Menariknya Kerja Sama Ekonomi Indonesia-Tanzania

DOK Kedubes RI di Tanzania
.

 

ADA sejumlah perkembangan penting dalam hubungan ekonomi antara Indonesia dan Tanzania yang berhasil dicapai dalam 3 tahun terakhir. Salah satunya yaitu peresmian yang dilakukan Presiden Zanzibar, Ali Mohamed Shein, atas field distillation unit (FDU) untuk mengolah minyak daun cengkih kering di Mgelema, Pulau Pemba, oleh PT Indesso Aroma.

Itu disampaikan Dubes RI Dar es Salaam, Prof Dr Ratlan Pardede, dalam sambutannya pada 4th Appreciation Night on Indonesia’s Business Partners, di Dar es Salaam, Tanzania, Kamis (3/12). Pencapaian lain, lanjut Ratlan, yakni pembelian lahan industri untuk pembangunan pabrik sabun dan body lotion oleh PT Sinar Antjol di Mkuranga, Dar es Salaam.

"Ada pula rencana pembangunan liquid port terminal di Zanzibar oleh PT Wika yang didukung oleh Indonesian Exim Bank dengan nilai proyek awal mencapai US$40 juta, akuisisi ladang gas Maurel & Prom di Mtwara, Tanzania, oleh Pertamina, dan sejumlah nota kesepahaman antara BUMN RI seperti Wika dan PT Timah dengan BUMN Tanzania terkait penjajakan kerja sama di bidang pembangunan infrastruktur dan pertambangan. Berbagai perkembangan tersebut menunjukkan bahwa RI dan Tanzania dapat bekerja lebih keras untuk mencapai kerja sama ekonomi yang lebih erat lagi," ulas Ratlan.

Dubes RI Dar es Salaam juga meluncurkan Katalog Digital Perusahaan Indonesia sebagai inisiatif agar pengusaha Tanzania dapat lebih mudah mengakses informasi terkait perusahaan-perusahaan Indonesia yang kredibel dan terpercaya guna menjajaki kerja sama lebih lanjut.

"Kami menyadari bahwa selama masa pandemi ini terdapat banyak batasan untuk melakukan perjalanan ke luar negeri. Namun demikian, KBRI Dar es Salaam tetap berkomitmen untuk terus membantu fasilitasi pengusaha Indonesia dan Tanzania, termasuk dengan optimalisasi dunia digital untuk melakukan hal tersebut," ujarnya.

Acara itu dihadiri Guest of Honor Menteri Ekonomi dan Investasi Zanzibar, Hon. Mudrik Sonaga, perwakilan dari BUMN RI dan Tanzania yang telah menjalin kerja sama, serta sekitar 200 pebisnis dan pejabat tinggi Tanzania lain yang terkait dengan isu perdagangan, perindustrian, dan investasi. Dalam sambutannya, Menteri Ekonomi dan Investasi Zanzibar menyampaikan apresiasinya kepada Dubes Ratlan Pardede atas berbagai inisiatif yang telah dilakukan untuk memajukan kerja sama ekonomi kedua negara.

"Terima kasih (kepada Bapak Dubes) yang telah mewujudkan beragam inisiatif tersebut dan memberikan pengalaman yang positif sejak 2017. Kerja keras Bapak selama 4 tahun telah membawa lingkungan bisnis antara Indonesia dan Tanzania ke tingkat yang lebih tinggi," ucap Hon. Mudrik Sonaga.

Ia juga mengusulkan agar Appreciation Night di masa mendatang dapat dirancang dan diselenggarakan bersama dengan Tanzania-Indonesia Business Council (TIBC). Dengan demikian, program tersebut menjadi lebih inklusif dan menjangkau lebih banyak stakeholders di Tanzania. Appreciation Night diselenggarakan untuk menunjukkan apresiasi kepada para pebisnis Tanzania yang sudah memiliki hubungan bisnis yang kuat dengan Indonesia.

Dubes RI Dar es Salaam juga kembali mempromosikan produk-produk Indonesia yang berkualitas dengan harga kompetitif. "Perusahaan Indonesia membanggakan diri dengan filosofi untuk tidak berkompromi dengan masalah kualitas dan tetap menjaga kepuasan konsumen. Oleh karenanya, di mana pun kita menemukan produk Indonesia, baik di Asia, Afrika, Amerika, kualitasnya akan tetap sama."

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Ratlan Pardede memberikan penghargaan kepada sejumlah pengusaha Tanzania untuk tiga kategori, yaitu Best Business Facilitator dimenangkan PT Makis Indonesia Utama yang didirikan oleh WN Tanzania di Jakarta untuk membantu fasilitasi business matching dan pengiriman barang dari Indonesia ke Tanzania, Best Frequent Trader dimenangkan Ismail Ali Ibrahim dan John Mathias Mwanalinze dari CYMK Solutions Ltd, serta Best Business Partners diraih Zanzibar State Trade Cooperation/ ZSTC, State Mining Cooperation/STAMICO, dan Shirika la Uzalishaji Mali la Jeshi la Kujenga Taifa /SUMAJKT.

Selain itu, Dubes RI juga memberikan piagam apresiasi kepada sejumlah perusahaan Indonesia yang telah sangat aktif menjalin kerja sama ekonomi dengan Tanzania. Sebut saja PT Indesso Aroma, Indo Bali Distributor Ltd, Sinar Antjol, Wika, PT Timah, CV Ocean Fresh, dan Pertamina.

Pada 20 Juli 2020, Presiden Tanzania John Pombe Magufuli mendeklarasikan Tanzania bebas dari covid-19. Melalui pemantauan secara langsung KBRI Dar es Salaam, kasus covid-19 di pusat-pusat kesehatan di Tanzania juga sudah jarang ditemukan.

Karena itu, KBRI Dar es Salaam tetap menyelenggarakan program Appreciation Night pada tahun ini mengingat dampak positif yang dihasilkan bagi hubugan ekonomi RI-Tanzania. Namun demikian, seluruh program perayaan dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan antara lain physical distancing serta sanitasi diri.

KBRI Dar es Salaam berkomitmen kuat untuk terus meningkatkan volume perdagangan dengan Tanzania dan negara akreditasi lain. Saat ini berdasarkan catatan KBRI Dar es Salaam, terdapat 54 produk Indonesia yang telah memasuki pasar Tanzania, yang didominasi lima produk ekspor yaitu minyak kelapa sawit, garmen, bahan kimia, kertas, dan sabun serta bahan pembersih lain. Di sisi lain, Indonesia mengimpor sejumlah produk dari Tanzania yaitu kacang tanah, kapas, kakao, kopi, teh, rempah-rempah, dan tembakau. (RO/OL-14)

Baca Juga

Antara/Hafidz Mubarak A

Erick Diharapkan Bawa Ekonomi Syariah Hingga Skala UMKM

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 23:44 WIB
Masyarakat umum akhirnya bisa melihat dan merasakan manfaat pembiayaan dari perekonomian syariah...
Dok.. Pribadi

Lebak Bulus Masih Jadi Magnet Kembangkan Hunian Sehat

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 23:41 WIB
"Kualitas udara di Lebak Bulus bahkan cenderung seperti di Bogor, karena masih banyaknya pepohonan yang sangat membantu menurunkan...
Ist

Musim Hujan, Ini Cara Atasi Dinding Rembes

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Januari 2021, 23:25 WIB
Banyak kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah. Salah satunya, mengecek kembali bagian-bagian rumah dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya