Kamis 26 November 2020, 22:50 WIB

Mantri BRI Dampingi UMKM yang Terdampak Pandemi

Fathurrozak | Ekonomi
Mantri BRI Dampingi UMKM yang Terdampak Pandemi

Dok MI
.

 

PANDEMI Covid-19 yang sudah berjalan selama sembilan bilan turut mengaruhi ekosistem para pelaku usaha mikro di Tanah Air.

Situasi yang mengharuskan banyak orang untuk berdiam di rumah, berdampak pada terhambatnya konsumsi, distribusi barang dan jasa masyarakat. Dampak ini sangat dirasakan para pelaku usaha mikro.

Oleh sebab itu, menurut Direktur Bisnis Mikro Bank BRI Supari sudah tepat jika pemerintah menyalurkan bantuan bagi para pelaku usaha mikro.

"Sekarang pandemi sudah berjalan sembilan bulan, yang terjadi pada para pelaku usaha mikro, sudah harus hidup dengan bantuan pihak ketiga. Karena mereka sangat rentan. Tepat kalau pemerintah fokus untuk menyelamatkan UMKM selamat, lewat bantuan yang dianggarkan," katanya, Kamis, (26/11).

Menurutnya, 80% penduduk Indonesia terbesar berada di desa dan pasar. Sebab itu, keberadaan bantuan pemerintah pada pelaku UMKM menjadi penting. Selain ditujukan bagi kelompok UMKM yang rentan, bantuan juga diperlukan bagi pelaku usaha mikro yang lebih resilien terhadap pandemi.

"Memang ada UMKM yang bukan hanya bisa survive dan beradaptasi, bahkan malah bisa tumbuh. Seprti cerita para pedagang ikan hias di Pasar Parung. Mereka ini juga butuh bantuan, untuk scale up usaha," kata Supari.

Dalam salah satu upayanya membantu para pelaku usaha mikro, Bank BRI menerjunkan para mantri ke berbagai daerah di Indonesia. Tugas mereka adalah untuk memberikan pendampingan bagi para pelaku wirausaha kecil.

Mantri, sebenarnya adalah sebutan bagi jabatan relationship manager di BRI. Jika dulu tugas mereka adalah menjual produk-produk perbankan, tugas mereka kini justru turut memberikan penyuluhan ke para pelaku usaha kecil.

"Ada 28 ribu mantri tersebar di seluruh wilayah Indonesia, di unit BRI yang terkecil. Tugas pokoknya menjadi ujung tombak. Sekarang tugas mereka bukan berjualan produk, tetapi pemberdayaan pada masyarakat. Khususnya pelaku usaha mikro. Sehingga nilainya sudah semakin bermakna, dan menjadi orang yang dikenal di masyarakat. Yang menjadi rujukan untuk bertanya terkait masalah perbankan," kata Supari.

"Contoh nyata, ketika terjadi PSBB pasar tutup dan pedagang sepi pembeli. Mantri bekerja keluar dari tugas mereka. Membantu ratusan pedagang untuk bisa berjualan," pungkasnya. (OL-8)

Baca Juga

MI/Panca Syurkani

Citilink Layani Penerbangan Padang-Medan Empat Kali dalam Sepekan

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 23:30 WIB
Setiap hari Senin, Selasa, Kamis, dan...
Antara

40 Ton Beras Diangkut dari Sulteng dengan Tol Laut ke Sulut

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 23:21 WIB
Program Tol Laut yang dicanangkan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bertujuan untuk menghubungkan pengangkutan logistik...
Dok Sentosa Park

Fasilitasi KPR, Sentosa Park Gandeng Bank Mandiri

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 19 Januari 2021, 22:20 WIB
Sentosa Park menandatangani perjanjian kerja sama dengan Bank Mandiri terkait penyediaan pembiayaan KPR bagi calon...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya