Minggu 22 November 2020, 14:23 WIB

Menteri Teten Masduki Janjikan Proses Perizinan UMKM Lebih Cepat

Retno Hemawati | Ekonomi
Menteri Teten Masduki Janjikan Proses Perizinan UMKM Lebih Cepat

DOK Malang Strudel
.

 

MENTERI Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki berdialog langsung dengan pelaku UMKM di Malang Strudel Cabang Karanglo, Jatim, pada Jumat (20/11). Teten mengapresiasi langkah Malang Strudel yang benar-benar mendukung produk UMKM di Malang Raya dengan ikut menjual produk-produknya.

Bahkan Malang Strudel melakukan pembinaan rutin seputar branding, marketing, packaging, dan lainnya terhadap 2.500 UMKM yang tergabung sebagai mitranya. "Di masa pandemi, saya sangat berharap UMKM bisa lebih saling bersinergi satu sama lain. Ini untuk menekan cost produksi, sehingga harga produk bisa lebih kompetitif dan bersaing internasional. Jadikan momen pandemi ini untuk menguatkan produk lokal," kata Teten mengapresiasi Malang Strudel Group yang bersinergi dengan UMKM di wilayahnya.

Donny Kris Puriyono selaku CEO Malang Strudel yang juga Presiden Komunitas TDA (Komunitas Enterpreneur) terbesar di Indonesia juga bercerita tentang segala kegiatan yang dilakukan oleh komunitasnya di masa pandemi. Tujuannya penguatan para membernya.

TDA TV yang sedang membangun 1.000 konten pembelajaran untuk UMKM secara free, mendapat perhatian serius dari Teten Masduki. Menurutnya, ini langkah yang sangat bagus sebagai kontribusi TDA untuk bangsa yang sedang menghadapi masalah serius akibat pandemi.

Kepada Menkop UKM, Donny juga menjelaskan uneg-unegnya sebagian besar member TDA yang merasa pengurusan perizinan, terutama untuk member-member yang sedang pivot karena bisnisnya terdampak pandemi, agar mendapat perhatian serius pemerintah.

"Ini sudah diperbaiki dan perlahan sudah mulai lebih cepat proses perizinan ini, mulai dari BPOM dan lainnya. Sejak beberapa bulan ini, Kementerian UKM sudah memprioritaskan hal ini," terang Teten Masduki kepada Doni Presiden TDA.

Dalam kunjungannya ke Malang, Teten Masduki juga sekaligus meninjau langsung showroom pertama Minyak Sumber Waras. Ia berpesan agar Minyak Sumber Waras harus bisa menjadi minyak andalan ekspor dari Indonesia. (OL-14)

Baca Juga

Dok. kemendag

Tiga UKM Binaan ECP Kemendag Kembali Tembus Pasar Ekspor 

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Kamis 21 Oktober 2021, 00:08 WIB
PT Agro Global Sentosa dari Makassar melakukan ekspor cengkeh lalpari ke pasar Singapura dengan nilai transaksi USD 90...
Antara/Fauzan

Dorong Perlindungan Bagi Pekerja Perempuan, Kemenaker : Perlu Dialog Intensif Pekerja dan Perusahaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 23:59 WIB
"Dialog sosial akan sangat berpengaruh dan memberikan manfaat bagi inklusivitas pekerja perempuan di dunia kerja,"...
Antara

KKP Targetkan Ekspor Udang Sambas Hasilkan Rp720 M/Tahun

👤Insi Nantika Jelita 🕔Rabu 20 Oktober 2021, 22:12 WIB
KKP menargetkan ekspor udang dari Sambas mencapai 9.000 ton per tahun pada...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menolakkan Ancaman Kemiskinan Ekstrem

Pemerintah perlu memastikan seluruh program penanggulangan kemiskinan ekstrem diterima rumah tangga miskin ekstrem yang ada di wilayah prioritas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya