Kamis 22 Oktober 2020, 14:58 WIB

Ini Tiga Titik yang Berpotensi Padat Saat Libur Panjang

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Ini Tiga Titik yang Berpotensi Padat Saat Libur Panjang

Antara/Raisan Al Farisi
Ilustrasi kepadatan di ruas tol saat libur panjang.

 

SELAMA libur panjang pada 28-30 Oktober, diprediksi ada tiga titik yang mengalami kepadatan arus lalu lintas dan pergerakan orang.

Berdasarkan prediksi Kementerian Perhubungan, tiga titik yang dimaksud ialah ruas jalan dari arah Jakarta menuju ke arah timur, yakni Jawa Barat, Tengah dan Jawa Timur.

Adapun titik kedua adalah kapal penyeberangan ke arah Sumatera, kemudian titik ketiga ialah bandara. “Kami memprediksi puncak arus kendaraan akan terjadi pada 28 Oktober,” ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keterangan resmi, Kamis (22/10).

Baca juga: Antisipasi Libur Panjang, Korlantas Siapkan Contra Flow

“Kami mengimbau masyarakat yang ingin berlibur agar jangan bertumpu di satu hari. Ini untuk mencegah kepadatan yang berpotensi rawan terjadi penularan covid-19,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Budi menyebut pergerakan orang dan kendaraan pada libur panjang diprediksi naik sebesar 10-20%. Dia juga mengingatkan warga yang menggunakan moda transportasi umum, seperti pesawat, untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Baca juga: Ada Libur Idul Adha, Okupansi Hotel Tidak Naik Signifikan

Misalnya, tidak melepas masker, tidak makan dan minum di kendaraan, serta tidak berbincang di dalam pesawat. “Kalau terpaksa harus makan dan minum karena perjalanan jarak jauh, agar segera kembali menggunakan masker setelah makan dan minum,” tutur Budi.

Di lain sisi, dia menyarankan masyarakat untuk libur di rumah. Sebab, itu menjadi opsi terbaik di tengah pandemi covid-19.

Menyoroti curah hujan tinggi akibat fenomena La Nina, dia pun meminta masyarakat untuk berhati-hati dalam berkendara. Serta, memastikan kondisi kendaraan dan kondisi diri dalam keadaan prima.(OL-11)

 

Baca Juga

Dok. Pertamina

Desa Energi Berdikari Pertamina, Dorong Petani Boyolali Kembangkan Energi Terbarukan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 09:16 WIB
Program itu melatih Kelompok Tani Ternak JSN Cengkir Gading di Dukuh Padokan, Desa Sawahan, Ngemplak, Kabupaten Boyolali untuk mengolah...
Antara

Tarif Baru Ojek Online Dinilai Dapat Mengerek Laju Inflasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 08:17 WIB
Selain akan mendorong inflasi, kenaikan tarif ojol juga akan mendorong masyarakat pengguna ojol pindah ke moda transportasi lain atau...
Dok. DPR RI

Ketua DPR Ingatkan Pemerintah Bersiap Hadapi Kelangkaan Pertalite

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 08:05 WIB
“DPR berharap pemerintah bergerak cepat menyiapkan contingency plan saat kuota pertalite benar-benar...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya