Sabtu 25 Juli 2020, 18:19 WIB

Luhut: Pemulihan Sektor Pariwisata Butuh Waktu 10 Bulan

Hilda Julaika | Ekonomi
Luhut: Pemulihan Sektor Pariwisata Butuh Waktu 10 Bulan

Antara/Nyoman Hendra
Petugas memberikan cairan antiseptik kepada wisawatan di Tabanan, Bali.

 

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, menyebut pemulihan sektor pariwisata membutuhkan waktu sekitar 10 bulan.

Meski pandemi covid-19 belum mereda, namun sektor pariwisata sudah kembali dibuka secara bertahap. Pemerintah memastikan pembukaan sektor pariwisata dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

“Krisis pada sektor pariwisata yang diakibatkan pandemi dan instabilitas politik membutuhkan waktu pemulihan rata-rata 10 bulan,” ujar Luhut dalam konferensi pers virtual, Sabtu (25/7).

Lebih lanjut, dia mengingatkan pentingnya melakukan antisipasi dan evaluasi terhadap pembukan sektor pariwisata. Evaluasi juga harus dilakukan dengan cermat untuk menekan potensi kesalahan. Mengingat, pembukaan sektor pariwisata dibayangi risiko penularan covid-19.

Baca juga: Pulihkan Sektor Pariwisata, Pemerintah Siapkan Enam Strategi

“Sekarang sudah mulai dibuka secara bertahap. Kita harus hati-hati terus. Kita harus antisipasi dan evaluasi dengan cermat. Sehingga memperkecil kesalahan,” pungkas Luhut.

Pemerintah dikatakannya tengah mendorong pera wisatawan domestik yang diyakini menjadi penggerak ekonomi di tengah pandemi. Di lain sisi, untuk menggenjot wisatawan asing dibutuhkan penerbangan langsung (direct flight) dari negara asal ke destinasi wisata di Indonesia.

“Kalau dari luar negeri pengennya yang direct flight. Misalnya langsung ke Bali atau ke Yogyakarta,” tutupnya.(OL-11)


Baca Juga

Dok.Sucofindo

Industri Halal, IHLC Teken MoU dengan PT. Sucofindo

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:46 WIB
Dalam waktu dekat, sinergi yang dilakukan adalah dalam bidang pelatihan literasi halal kepada produsen dan konsumen, industri, UMKM dan...
Antara

Linde Rogoh Kocek US$2 Juta untuk Luaskan Pabrik

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:26 WIB
Pabrik ini dirancang dengan kapasitas untuk meningkatkan produksi yang berguna untuk mendukung pertumbuhan kebutuhan nitrogen di masa...
Ilustrasi

Pemilik Kapal 30 GT Wajib Berikan Asuransi untuk ABK

👤Bobi Kautsar 🕔Rabu 03 Maret 2021, 23:17 WIB
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mewajibkan pemilik kapal berukuran 30 gross ton (GT) ke atas memberikan asuransi jaminan kesehatan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya