Jumat 17 Juli 2020, 14:21 WIB

Menaker Ida Fauziyah Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan

mediaindonesia.com | Ekonomi
Menaker Ida Fauziyah Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan

Dok: pribadi
Menaker Ida Fauziyah

 

MENTERI Ketenagakerjaan RI Ida Fauziyah mendapat kado manis di hari ulang tahunnya ke-51. Ia dinyatakan lulus dalam Sidang Promosi Doktor Ilmu Pemerintahan, di Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), Jumat (17/7).

Menaker Ida meraih gelar Doktor dengan IPK 3,87 usai memaparkan hasil penelitian disertasi berjudul “Implementasi Pengarusutamaan Gender dalam Tugas dan Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.” Disertasinya diuji oleh Prof. Dr. Bahrullah Akbar M.B.A, Prof. Dr. I Nyoman Sumaryadi, MSi dan Prof. Dr. Khasan Effendy, MPd serta disaksikan oleh Ketua DPR RI Puan Maharani, Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Menteri Desa Abdul Halim Iskandar dan sejumlah pejabat tinggi negara lain.

Ida mengajukan sejumlah konsep dan strategi baru dalam mendorong implementasi kebijakan PUG, yang muaranya adalah penguatan kapasitas perempuan, terutama tingkat pendidikan warga negara Indonesia, khususnya kaum perempuan.

"Dari hasil penelitian ada beberapa saran praktis yang saya sampaikan, seperti implementasi kebijakan pengarusutamaan gender dalam pembangunan nasional perlu ditingkatkan dan diperluas, Meningkatkan konsolidasi sumber daya dan upaya untuk mengoptimalkan implementasi kebijakan pengarusutamaan gender di berbagai bidang kehidupan dan mengoptimalkan peran politisi perempuan dalam proses implementasi kebijakan pengarusutamaan gender," papar Ida terkait disertasinya, Jumat (17/7).

Baca juga: Menaker Ingatkan Pentingnya Perlindungan PRT

Perempuan yang juga merupakan Ketua Lembaga Kemaslahatan Keluarga Nahdlatul Ulama (LKKNU) periode 2015-2020 itu kini menegaskan komitmen untuk penguatan kapasitas perempuan salah satunya seperti dalam kasus Omnibus Law. Ida menegaskan perlindungan terhadap tenaga kerja sudah ia bahas bersama serikat buruh dan asosiasi pengusaha. Ia juga menegaskan perlindungannya terhadap pelaut awak kapal dan pelaut perikanan yang tertuang dalam RPP terkait awak kapal dan perikanan.

Ida Fauziah juga menegaskan komitmennya dalam meningkatkan kapasitas pekerja di Indonesia dengan memaksimalkan Balai Pelatihan Kerja untuk meningkatkan kompetensi mereka yang sebelumnya amsih low skill menjadi high skill.

"Saya juga berkomitmen untuk mendukung program vokasi, termasuk memberikan pelatihan bagi penerima program kartu prakerja. Kami menyiapkan seluruh LPK milik swasta dan BLK milik Pemerintah untuk berkoordinasi menyesuaikan materi pelatihan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini," tutur Ida.

Ida berharap 2.000 LPK yang sudah terdaftar segera bisa mendapat akreditasi. Sehingga nantinya tidak hanya sekadar menciptakan tenaga kerja yang standar, tapi juga sesuai dengan standar kompetensi dunia usaha.(RO/OL-5)

Baca Juga

Dok. Pribadi

RI Catat Ekspor Tertinggi, Young Java Ekspor: Kepercayaan Negara Lain Mulai Meningkat

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 19:00 WIB
Menurutnya, Prestasi itu harus terus ditingkatkan dengan selalu menjaga kepercayaan, komitmen, dan...
Antara

Pasokan Aman, Pemerintah Pastikan Harga Beras Tetap Terkendali

👤M Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 25 September 2022, 18:22 WIB
Berdasarkan data Kemendag, secara rerata harga beras mengalami kenaikan 0,9% dibanding tahun...
dok.mi

Subsidi BBM Perlu Dialihkan untuk Tujuan yang Produktif

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 16:35 WIB
ANGGARAN Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang selama ini digunakan untuk subsidi bahan bakar minyak (BBM), dinilai perlu dialihkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya