Sabtu 07 Desember 2019, 11:00 WIB

Pembebasan Lahan Tol Kunciran-Serpong Sedot Dana Rp2,9 Triliun

mediaindonesia.com | Ekonomi
Pembebasan Lahan Tol Kunciran-Serpong Sedot Dana Rp2,9 Triliun

Dok/ LMAN
Peresmian ruas tol Kunciran-Serpong oleh Presiden Joko Widodo

 

JALAN tol Kunciran-Serpong yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo, Jumat (6/12) merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional yang ditetapkan oleh Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP).

Salah satu tahapan kunci dalam pembangunan infrastruktur tersebut adalah pembebasan lahan. Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) merupakan Lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk melaksanakan pembayaran pembebasan lahan Proyek Strategis Nasional (PSN), termasuk untuk pembebasan lahan ruas jalan tol Kunciran-Serpong.

Direktur Utama LMAN Rahayu Puspasari mengatakan, pembebasan lahan merupakan proses awal yang krusial dalam pembangunan infrastruktur.

"LMAN telah menyelesaikan pembayaran pembebasan lahan untuk pembangunan tol Kunciran Serpong ini dengan nilai Rp2,9 Triliun," kata Rahayu dala keterangan tertulisnya, Sabtu (7/12).

Nilai tersebut adalah pembayaran untuk 1.556 bidang tanah dengan luas total 672.330 meter persegi, dan dibayarkan menggunakan mekanisme dana talangan.

Baca juga : Tertahan 10 Tahun, Ruas Kunciran-Serpong Akhirnya Diresmikan

Dengan mekanisme tersebut, LMAN membayarkan dana pembebasan lahan melalui Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang dalam hal ini adalah PT Marga Trans Nusantara.

LMAN akan membayarkan dana pembebasan lahan setelah seluruh proses penagihan dan dokumen pembayaran telah lengkap diterima dan dilakukan verifikasi oleh Lembaga/Kementerian terkait.

Dalam proses pembayaran pembebasan lahan jalan tol, LMAN juga bersinergi bersama Kementerian/Lembaga terkait, seperti Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dengan menjunjung tinggi penerapan Good Corporate Governance di setiap prosesnya.

"Dengan terselesaikannya pembayaran pembebasan lahan, LMAN berperan dalam akselerasi pembangunan infrastruktur Proyek Strategis Nasional, karena tanpa pembebasan lahan, maka pembangunan infrastruktur tidak dapat segera diwujudkan," pungkas Rahayu. (RO/OL-7)

VIDEO TERKAIT:

Baca Juga

DOK bank bjb

Tak Main-Main, bank bjb Bakal Seret Nasabah Nakal!

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Januari 2021, 12:49 WIB
Dirut bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan bank bjb telah bekerja sama dengan Kejaksaan, Kepolisian, Pengadilan, hingga KPK untuk...
Antara/Audy Alwi

LPS Pertahankan Suku Bunga Penjaminan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Januari 2021, 12:35 WIB
Tingkat bunga penjaminan untuk rupiah pada bank umum sebesar 4,5 persen dan untuk valas pada bank umum sebesar 1...
DOK BANK BJB

Webinar Gratis bank bjb Bagikan Tips Cuan dengan Digital Marketing

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 28 Januari 2021, 12:31 WIB
Bincang Jumat Bisnis Online bank bjb kali ini akan diberlakukan secara nasional dengan mengankat tema yang diusung yaitu 'Meraih Omset...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya