Rabu 24 April 2019, 15:35 WIB

Presiden Dorong Ekspor Produk Kerajinan Ditingkatkan

Rudy Polycarpus | Ekonomi
Presiden Dorong Ekspor Produk Kerajinan Ditingkatkan

ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Presiden Joko Widodo (kanan) meninjau pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2019 di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

 

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) mendorong ekspor produk kerajinan ditingkatkan mengingat kontribusi ekspornya masih sekitar 1,26% dari total pangsa pasar dunia.

Pasalnya, kualitas produk, daya saing, dan desain kerajinan nasional terus meningkat tahun ke tahun. Menurutnya, hal itu dapat menjadi modal untuk mengembangkan ekspor, hingga dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja dan berkontribusi dalam perekonomian.

"Setiap datang ke Inacraft saya melihat bahwa kerja pemeran ini naik kelas tahun ke tahun. Kualitas produk-produknya juga makin baik. Kita inginkan produk-produk kerajinan Indonesia terus naik kelas, naik kapasitas produksi, kualitasnya dan daya saingnya," ujarnya saat membuka Inacraft 2019, di Jakarta Convention Center, Rabu (24/4).

Baca juga: Pekerja Diimbau Rayakan Hari Buruh dengan Arif

Jokowi menuturkan, jumlah Usaha Kecil dan Menengah (UKM) pada sektor kerajinan mencapai 700 ribu unit usaha dengan penyerapan tenaga kerja hampir 1,3 juta orang. Jokowi menilai kontribusi itu masih sangat kecil, padahal potensinya cukup besar.

"Kalau pangsa pasar naik, artinya akan lebih banyak UKM kita yang berkembang dan lebih banyak lagi tenaga kerja yang bisa direkrut dari kegiatan kerajinan kita ini," imbuh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Selain itu, Jokowi juga mendorong pelaku usaha memanfaatkan teknologi digital, termasuk melalui penyelenggaraan Inacraft Online. Dengan demikian, pembeli mancanegara bisa membeli produk kerajinan lokal dengan lebih leluasa, tanpa perlu kehadiran fisik di lokasi pameran.

Baca juga: Rayakan HUT Perusahaan Millennials Askrindo Gelar OBSC

Sementara, Wakil Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi) Gusmardi Bustami mengungkapkan, Inacraft 2019 adalah pameran ke-21 sejak pertama kali digelar pada 1999. Peserta yang ikut sebanyak 1.700 perusahaan dengan jumlah 1.400 booth dari seluruh daerah di Indonesia.

Gusmardi memperkirakan jumlah pengunjung dalam Inacraft 2019 sebanyak 200 ribu orang dengan target transaksi sebesar Rp145 miliar. (OL-6)

Baca Juga

Antara/Adeng Bustomi.

Pertimbangan dalam Beli Rumah untuk Kehidupan Jangka Panjang

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 21:24 WIB
Tips berikutnya, usahakan untuk tidak terburu-buru saat membeli rumah. Terdapat banyak faktor yang harus...
Dok. Ist

Jamkrindo Kembali Salurkan Bantuan Sembako, Sarana Prasarana, dan Layanan Trauma Healing Di Cianjur

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:38 WIB
Bantuan yang disalurkan pada Sabtu (03/12), merupakan bantuan tahap empat yang telah diberikan...
Ist

Produk Perlengkapan Bayi dari Polandia Hadir di Ajang IMBEX 2022

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 03 Desember 2022, 20:10 WIB
Lionelo merupakan perusahaan perlengkapan bayi dari Polandia yang telah berhasil meraih kepercayaan banyak orangtua dari negara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya