Rabu 20 Maret 2019, 16:17 WIB

Indonesia Tantang Uni Eropa secara Langsung

Andhika Prasetyo | Ekonomi
Indonesia Tantang Uni Eropa secara Langsung

ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

 

KEMENTERIAN Koordinator Bidang Kemarimitiman Luhut Binsar Pandjaitan memberi peringatan tegas kepada Uni Eropa untuk tidak bermain-main dengan Indonesia.

Peringatan tersebut dilontarkan langsung di depan Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia Vincent Geurend dan beberapa pelaku usaha asal kawasan tersebut. Sebagaimana diketahui, Komisi Eropa pada pekan lalu mengeluarkan aturan pelarangan penggunaan minyak sawit untuk bahan baku biodiesel karena dianggap berisiko tinggi dan tidak berkelanjutan.

Luhut merasa Uni Eropa sudah bertindak terlalu jauh dalam melakukan diskriminasi terhadap produk minyak kelapa sawit.

"Kami sudah berkali-kali sampaikan langsung, menjelaskan bagaimana sawit bekerja. Tapi kami bukan pengemis. Kami punya martabat dan kedaulatan yang tidak bisa diganggu siapa saja," tegas Luhut di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Rabu (20/3).

Baca juga: Andhika prasetyo

Ia menegaskan pemerintah dan masyarakat Indonesia memahami pentingnya pengembangan industri sawit yang mengedepankan kelestarian lingkungan.

Bahkan pemerintah telah melaksanakan moratorium perluasan lahan sawit untuk menyempurnakan tata kelola industri sawit.

Pemerintah juga memperhatikan kehidupan orang utan dengan menyediakan hutan-hutan khusus bagi mereka sehingga tidak akan bersinggungan dengan perkebunan sawit.

"Jadi jangan ajari kami soal lingkungan. Kami tidak akan buat kebijakan yang nantinya merugikan generasi penerus. Kami semua akan hati-hati dalam hal ini jadi tidak perlu ajari kami. Kami tidak bodoh untuk mengetahui mana yang harus dilakukan dan mana yang tidak," ucap Luhut. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Gandeng Universitas, Kemenkop UKM Cetak Wirausaha Buka Lapangan Kerja

👤Despian Nurhidayat 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:19 WIB
Teten Masduki mengatakan bahwa saat ini Indonesia perlu menyiapkan wirausahawan muda yang memiliki pendidikan tinggi dan berasal dari...
MI/Adi Kristiadi

Satu Harga, Stok Minyak Goreng di Makassar Aman Hingga Tiga Bulan

👤Lina Herlina 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:57 WIB
Rabu (19/1), mulai pukul 00.01, pemerintah mengeluarkan kebijakan minyak goreng satu harga, yaitu Rp14 ribu per liter untuk menstabilkan...
Ist

Kebutuhan Pembiayaan Korporasi pada Desember 2021 Meningkat 

👤Fetry Wuryasti 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:26 WIB
Hal tersebut tercermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi Desember 2021 sebesar 17,4% lebih tinggi dari SBT 14,8% pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya