Minggu 16 Juni 2019, 09:15 WIB

Menduniakan Cabai Lewat Festival Cabai

mediaindonesia.com | Advertorial
Menduniakan Cabai Lewat Festival Cabai

Dok Kementan
Berbagai jenis cabai yang ditampilkan dalam festival cabai

 

PARA perayaan acara Pehcun atau lomba perahu naga di Tangerang 15-16 Juni, Kementerian Pertanian yang bekerja sama dengan Museum Tanah dan Pertanian Bogor serta Museum Benteng Heritage Tangerang turut andil meramaikan dengan mengadakan festival cabai.

Kementan, dalam hal ini Direktorat Sayuran dan Tanaman Obat, Puslitbanghorti, dan Perpustakaan Pertanian bekerja sama dengan produsen benih cabai, membuka stan yang menampilkan berbagai jenis tanaman dan buah cabai lokal masyarakat maupun berbagai varietas hasil penelitian Litbang Pertanian dan East West baik hybrid dan Open Polinari.

Selain mengenalkan kepada masyarakat berbagai jenis cabai dan olahannya, beberapa acara juga meramaikan perayaan tersebut, mulai dari lomba merangkai dan mendekorasi pohon cabai, mengarang puisi, pameran lukisan dan kaligrafi, membuat gado-gado dan mengulek sambal, sampai penjualan benih cabai.

Baca juga: Kementan Bantu Korban Banjir Tujuh Kabupaten di Sulsel

Pimpinan Benteng Heritage Udaya Halim bahkan antusias menampilkan berbagai buah dan tanaman cabai dunia yang unik dan terpedas.

"Supaya masyarakat kenal berbagai jenis cabai. Saya pribadi ingin berlanjut di tahun mendatang dengan lingkup lebih besar bahkan tingkat nasional" ujar Udaya.

Pada acara perayaan yang dibuka oleh Wali Kota Tangerang tersebut, Direktur Jenderal Hortikultura Suwandi menyampaikan pesannya kepada masyarakat.

"Banyak jenis cabai di Indonesia. Itu kekayaan plasma Nutfah. Harus kita jaga, kita kembangkan. Kalau masyarakat sudah mengenal, pasti juga akan menyayangi produk kita sendiri" pesan Suwandi.

"Jangan panik kalau cabai mahal, banyak substitusi jenisnya bahkan varian produk olahan pun beragam" sambung Suwandi. (RO/OL-2)

Baca Juga

DOK OHM

Ramadhan ala Cordela Hotel Hadirkan Promo Stay, Iftar, dan Sahur

👤mediaindonèsia.com 🕔Jumat 09 April 2021, 14:23 WIB
Saat ini OHM menjadi operator dari 15 hotel di...
DOK SANTIKA PREMIER BINTARO

Kampoeng Ramadhan Hotel Santika Premiere Bintaro

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 April 2021, 12:00 WIB
Seiring berjalannya waktu di Era New Normal ini Hotel Santika Premiere Bintaro tetap selalu menjalankan Standard Operational Procedure...
Ist

Jaga Keawetan Furnitur dengan Stiker

👤Budi Ernanto 🕔Selasa 19 Januari 2021, 10:24 WIB
Stiker bisa untuk melapisi furnitur agar tampak baru dan tetap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya