Jumat 20 Januari 2023, 10:19 WIB

Tips Agar Olahan Telur Orak-arik Lebih Gurih dan Lembut

Devi Harahap | Weekend
Tips Agar Olahan Telur Orak-arik Lebih Gurih dan Lembut

unsplash.com/ amirali mirhashemian
Scrambled Eggs alias Telur orak-arik

 

Telur merupakan bahan makanan yang mengandung sumber protein bagi tubuh. Ia bisa diolah menjadi beragam hidangan lezat, mulai dari telur rebus, dadar, hingga orak-arik.

Sajian telur orak-arik sangat pas disajikan dengan ditambah nasi panas atau mi saat menyantapnya. Meskipun telur orak-arik mungkin terlihat mudah dibuat, rasanya kadang jauh berbeda seperti menu yang disajikan di restoran.

Ada beberapa metode memasak yang tepat yang dapat membantu Anda mendapatkan telur yang lembut dan menggugah selera setiap saat. Dilansir dari Tasting Table pada Selasa (14/1), berikut 7 cara yang bisa Anda coba di rumah untuk menghasilkan telur orak-arik dengan tekstur yang lembut dan rasa yang enak, gurih serta creamy.

1. Goreng Gunakan Mentega
Telur orak-arik biasanya dimasak dengan menggunakan bahan minyak goreng, beberapa orang biasa menggunakan minyak goreng bekas memasak bacon karena rasa yang dihasilkan akan jauh lebih gurih karena bacon sudah cukup asin.

Akan tetapi, seorang ahli kuliner, Martha Stewart menganjurkan jika Anda tidak memiliki minyak bekas Bacon, sebagai pengganti alternatif yang tak kalah bagus, Anda bisa menggunakan bahan seperti mentega.

Selain aroma yang khas, mentega bisa memberikan rasa  yang luar biasa dan membuat proses memasak telur tidak lengket. Selain itu, Anda bisa menggunakan mentega yang dilelehkan dengan tingkat kematangan yang dapat disesuai dengan kadar panas yang rendah, sehingga rasa telur orak-arik jadi lebih kaya rasa.

2. Tambahkan Bawang Putih
Mungkin banyak dari kita kerap memasak telur menggunakan daun bawang cincang untuk menghasilkan rasa yang lezat, namun ternyata bahan seperti bawang putih bisa menjadi salah satu bahan yang bisa dimanfaatkan untuk dicampur ke dalam olahan telur orak-arik.

Bawang putih sangat cocok untuk melengkapi sarapan yang gurih seperti telur orak-arik. Saat Anda meracik telur orak-arik, pertimbangkan untuk menaburkan cincangan bawang putih sebagai pengganti garam biasa. Rasa yang dihasilkan tak kalah gurih dan lezat.

3. Tambahkan Air
Banyak orang kerap menambahkan susu agar rasa telur orak-arik lebih creamy. Dibandingkan susu, ternyata menambahkan air mineral biasa atau sparkling water yang dirasa lebih baik.

Pertama Telur dikocok lepas, kemudian ditambahkan air agar lebih encer. Bukan tanpa tujuan, ditambahkan air bersama telur ini dapat membuat teksturnya menjadi lebih lembut. Pengunaan Sparkling water sebanyak 1 sendok makan bisa menghasilkan tekstur telur orak-arik yang lebih lembut seperti beludru.

4. Tambahkan Minyak Zaitun
Minyak zaitun yang memiliki kualitas yang tinggi biasa digunakan untuk memasak. Selain menambah cita rasa makanan, minyak zaitun juga dapat meningkatkan aroma makanan menjadi lebih lezat. Menggunakan minyak zaitun extra virgin sebagai pengganti mentega adalah salah satu trik sederhana yang akan membawa telur orak-arik Anda seperti olahan restoran.

Aroma minyak zaitun yang sedap, ditambah sejumput garam, akan memberikan nilai yang luar biasa pada racikan telur orak-arik. Selain menghasilkan cita rasa yang lebih lezat, memasak dengan minyak zaitun juga menawarkan antioksidan yang kuat dan sangat sehat bagi tubuh.

5. Masak di Rice Cooker
Jika biasanya memasak telur orak-arik menggunakan penggorengan di atas kompor, ternyata memasak telur orak-arik juga bisa dilakukan dengan menggunakan penanak nasi atau rice cooker, hal ini bisa menjadi alternatif pilihan yang lebih praktis bagi anak kos.

Caranya mudah, kocok telur dengan sedikit garam, merica, dan sedikit air. Kemudian, tambahkan sedikit mentega atau minyak untuk melapisi bagian dalam panci penanak nasi yang sudah panas. Lalu, tuangkan telur ke atasnya dan aduk secara perlahan. Panas yang bisa disesuaikan di pepenak nasi bisa menghasilkan telur yang sangat lembut.

6. Tambahkan perasaan jeruk lemon
Perasaan air jeruk lemon yang segar tak hanya bisa dipakai untuk membumbui ayam atau ikan agar aromanya tak amis. Jus lemon yang asam segar ini ternyata juga cocok ditambahkan ke dalam racikan telur orak-arik. Percaya atau tidak, jus lemon dapat meningkatkan kualitas telur orak-arik Anda karena beberapa alasan.

Pertama, tingkat keasaman akan membantu mengurangi rasa berat dari lemak tambahan seperti mentega, yang membantu membuat makanan terasa lebih ringan. Lemon juga berfungsi untuk membuat kantong udara kecil di dalam telur. Perubahan kimia ini akan membantu olahan telur menjadi lebih lembut.

7. Tambahan Mayonais
Menurut koki Food Network, satu sendok makan mayo sama dengan telur kocok karena keduanya merupakan emulsi. Mencamur mayo ke dalam telur orak-arik bisa menjadi alternatif untuk menghasilkan rasa telur yang lezat.

Hanya perlu sedikit bahan yang diperlukan untuk membuat resep telur orak-arik mayonaise. Bahan-bahan tersebut adalah telur, mentega, mayonnaise, air, serta garam dan lada untuk menambah rasa. Tambahkan satu sendok teh mayonnaise dan satu sendok teh air ke tiga butir telur yang akan digunakan. Tambahkan mayonnaise dan air sebelum telur mulai diorak-arik di atas wajan bersama dengan mentega, garam, dan lada. (M-3)

Baca Juga

ANTARA/Livia Kristianti

Kitkat Gandeng Aerostreet Rilis Sepatu Edisi Valentine

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 01 Februari 2023, 05:30 WIB
Warna merah yang menjadi ciri khas Kitkat mendominasi tampil sepatu ini, ada juga sentuhan warna putih dan cokelat melengkapi...
Unsplash/Priscilla Du Preez

Tanyakan Tiga Hal Ini Sebelum Memberi Kesempatan Kedua

👤Nike Amelia Sari 🕔Rabu 01 Februari 2023, 00:31 WIB
Kesadaran akan kesalahan semestinya diperlihatkan dengan perubahan...
Unsplash

Terjebak Kemacetan Berisiko Kerusakan Otak

👤Nike Amelia Sari 🕔Selasa 31 Januari 2023, 23:55 WIB
Tanda-tanda penurunan fungsi dapat tampak dalam tempo dua jam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya