Rabu 11 Januari 2023, 14:15 WIB

Ini Cara yang Tepat Menyimpan Minyak Goreng di Kulkas agar Tidak Rusak

Devi Harahap | Weekend
Ini Cara yang Tepat Menyimpan Minyak Goreng di Kulkas agar Tidak Rusak

Dok. Magnesol.com
ilustrasi minyak masak

 

Minyak goreng sebagai salah satu bahan utama untuk menggoreng kerap kali di simpan di dapur, tak jarang ada yang menyimpan minyak goreng di dalam kulkas. Sebenarnya, apakah minyak goreng bisa disimpan di dalam kulkas? Bagaimana cara yang tepat menyimpan minyak yang baik?

Menurut publikasi yang dilansir dari The San Diego Union-Tribune, Selasa, (11/1), saat botol minyak goreng dibuka, minyak secara langsung terpapar oksigen di udara. Kondisi tersebut membuat terjadinya proses oksidasi yang menyebabkan minyak menjadi rusak.

Untuk memastikan kualitas minyak goreng di dalam kulkas, kita harus memastikan cara menyimpannya dengan benar agar tidak menyebabkan warna minyak berubah dan menghitam meski baru dipakai sekali. Bagaimana minyak bereaksi terhadap pendinginan tergantung pada apa yang dikandungnya. Sebab minyak yang berbeda akan merespons pendinginan secara berbeda.

Ada beberapa jenis minyak goreng tertentu yang paling baik disimpan di kulkas karena memiliki kadar lemak tak jenuh ganda atau tak jenuh tunggal yang tinggi. Jenis minyak tersebut adalah minyak safflower, minyak bunga matahari, minyak canola, atau minyak zaitun.

Pengembang resep HelloFresh, Victoria Abdelhady, menyatakan kepada minyak safflower dapat disimpan di dalam kulkas hingga enam bulan. Di tempat yang sejuk dan gelap minyak dapat bertahan hingga dua tahun. Minyak yang memiliki kandungan lemak tak jenuh tersebut akan tetap cair meskipun didinginkan.

Untuk jenis minyak yang lain seperti wijen juga bisa disimpan di kulkas dan tidak akan mengalami pembekuan. Sedangkan minyak kelapa akan berubah bentuk menjadi lebih padat saat dimasukkan dalam kulkas namun minyak tersebut akan tetap segar lebih lama.

Meskipun menyimpan beberapa jenis minyak di kulkas bisa membuatnya lebih kental dan keruh seperti minyak kelapa, tetapi hal tersebut akan kembali cair secara normal saat minyak dikeluarkan dari kulkas dan dibawa dalam suhu ruangan normal.

Sementara itu, koki selebriti Brian Malarkey mengatakan minyak goreng tak bisa disimpan di sembarang tempat. Dalam hal menyimpan minyak, tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua. Namun, salah satu tempat yang harus dihindari untuk menyimpan minyak adalah di atas kompor atau di tempat yang terkena panas di dalam wadahnya.

Meskipun demikian, penelitian tersebut menunjukkan, proses oksidasi tersebut berjalan lambat. Tidak ada yang menunjukkan oksidasi itu membahayakan kondisi kita. Hanya saja cara penyimpanan yang salah akan memengaruhi hasil memasak.

(M-4)

Baca Juga

Kenzo TRIBOUILLARD / AFP

Mengais Sisa-sisa dari Pertempuran Bersejarah Waterloo

👤Adiyanto 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 17:16 WIB
Pada palagan yang terletak 20 kilometer (12 mil) selatan Brussel, Belgia itu, tentara Napoleon yang kalah jumlah, menyerah...
Dok. Lemonilo

Lemonilo Hadirkan Ruang Temu Para Penggerak Perubahan

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 10:38 WIB
Lemonilo mengadakan acara 'Change Maker Meet' sebagai wadah pertemuan bagi para sosok penggerak perubahan di berbagai...
Dok. Media Indonesia Publishing

Perihal Kopi Nusantara

👤Pro/M-2 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 08:15 WIB
KOPI bukan hanya sekadar biji tumbuhan bercita rasa khas. Kopi digemari dan dicari sebagai sumber kepuasan dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya