Minggu 01 Januari 2023, 14:58 WIB

Mary, Putri Paul McCartney Garap Film Dokumenter Tentang Studio Abbey Road

Adiyanto | Weekend
Mary, Putri Paul McCartney Garap Film Dokumenter Tentang Studio Abbey Road

AFP/ANGELA WEISS
Mary McCartney

 

Mary McCartney baru berusia sebulan ketika album Abbey Road milik The Beatles dirilis pada 26 September 1969. Judul album ketujuh milik band legendaris Inggris tersebut diambil dari nama studio yang terletak di Abbey Road, di St John’s Wood, City of Westminster, London.

Meski begitu, Mary tidak asing dengan studio tersebut. "Saya tumbuh di sini. Kami tinggal di dekat sini. Saya memiliki foto yang sangat lucu yang saya suka. Ibu saya (almarhumah Linda McCartney) menuntun kuda poni melintasi zebra cross," ujarnya, seperti dilansir AFP, Minggu (1/1). Zebra Cross yang dimaksud Mary berada di depan studio dan menjadi tempat anggota The Beatles berfoto untuk sampul album yang ikonik itu.

Kini, setelah beberapa dekade, putri bassist The Beatles, Paul McCartney itu, menggarap film dokumenter tentang studio tersebut. Film berjudul  "If These Walls Could Sing" itu telah dirilis di Amerika utara pada Desember, dan rencananya ditayangkan di seluruh dunia melalui Disney+ pada 6 Januari 2023.

The Beatles tentu saja menempati porsi utama dari film dokumenter berdurasi 90 menit itu, karena mereka merekam tak kurang dari 190 dari 210 lagu mereka di sana. Selain The Beatles, sejumlah band dan musikus lain pun pernah rekaman di sana, seperti Pink Floyd, Led Zeppelin, Oasis, dan Elton John.

Studio yang didirikan pada 1931 oleh perusahaan rekaman EMI, awalnya didedikasikan untuk musik klasik. Studio itu pernah digunakan oleh komposer dan konduktor Edward Elgar sesaat sebelum kematiannya pada 1934. "Begitu banyak orang datang ke Abbey Road dan ke zebra cross itu, tetapi tidak masuk karena studio itu cukup sibuk, jadi saya ingin membawa penonton ke dalamnya," kata Mary.

"Setiap orang menceritakan kisah dan aspek yang berbeda tentang Abbey Road," kata kakak kandung dari Stella McCartney ini.

Seperti ayahnya yang bergiat di kesenian, Mary merupakan seorang fotografer dan pembuat film. Sementara sang adik, Stella, merupakan perancang busana terkenal. Adik bungsu mereka, James McCartney mengikuti jejak sang ayah sebagai musikus. Hanya si sulung Heather yang berkarier sebagai ahli geologi. Kendati demikian, ia pernah ikut menyumbangkan suaranya dengan menjadi backing vocal di album solo sang ayah. (AFP/M-3)

 

Baca Juga

Unsplash

Empat Simtom Tubuh dan Nutrisi Kuncinya

👤Bintang Krisanti 🕔Jumat 27 Januari 2023, 16:00 WIB
Salah satunya, kelelahan merupakan simtom dari defisiensi zat...
FILIPPO MONTEFORTE / AFP

Para Arkeolog Berupaya Merekonstruksi Sebuah Jalan di Era Kekaisaran Romawi

👤Adiyanto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 11:39 WIB
Mereka berharap jalan beraspal lebih dari 500 kilometer (310 mil) yang pembangunannya dimulai pada 312 SM itu, bisa menjadi Situs Warisan...
AFP

Sepertiga Kawasan Hutan Amazon Rusak karena Aktivitas Manusia

👤Adiyanto 🕔Jumat 27 Januari 2023, 10:44 WIB
Studi tersebut menemukan bahwa kebakaran, ekstraksi kayu, dan efek tepi telah mendegradasi setidaknya 5,5% dari semua hutan Amazon yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya