Sabtu 31 Desember 2022, 12:00 WIB

Hidangan Bakar Menyambut Tahun Baru yang Rendah Kolesterol

Devi harahap | Weekend
Hidangan Bakar Menyambut Tahun Baru yang Rendah Kolesterol

unsplash.com/Andre Ouellet
Jagung

 

Menikmati menu bakaran dengan pesta barbeque adalah satu cara merayakan Tahun Baru yang dilakukan banyak orang, terutama bersama keluarga dan teman-teman.

Selain bisa menghangatkan suasana, menyiapkan menu bakaran juga bisa jadi hal yang menyenangkan. Pesta barbeku biasanya akan identik dengan daging. Namun, beberapa dari kita menjadi lebih waspada karena berpesta daging bisa membawa tubuh pada risiko kadar kolesterol yang meningkat.

Sebenarnya tak perlu khawatir, risiko tersebut tidak akan terjadi bila Anda berhati-hati memilih menu bakaran.

Untuk menyambut Tahun Baru 2023 mendatang, tak ada salahnya juga mencoba beberapa menu bakaran tanpa daging demi fisik yang lebih sehat. Ada banyak makanan yang bisa dinikmati. Rasanya juga tak kalah lezat untuk disantap..

Dikutip dari laman Hola, berikut ini ada beberapa ide resep bakarantanpa daging yang bisa menjadi refrensi Anda untuk dicoba.

1. Jagung bakar

Jagung adalah makanan yang penuh gizi dan mudah ditemukan di Indonesia. Jagung bakar bumbu pedas cocok untuk acara barbeku malam tahun baru, biasanya jagung dibakar dengan menggunakan cabai bubuk, paprika asap bubuk, atau saus sambal sebagai campuran bumbunya.

Anda juga dapat menggunakan jagung manis agar terasa alami. Cara membuatnya sangat mudah, kupas jagung dan bersihkan, olesi jagung dengan sedikit bumbu barbeku, lalu panggang di atas api sedang dan kecil selama 20-25 menit.

2. Ubi dan Singkong bakar

Sama halnya dengan jagung, ubi dan singkong juga mudah ditemukan di Indonesia dengan harga yang relatif murah. Ubi dan singkong yang mempunyai cita rasa manis saat diolah menjadi berbagai kudapan lezat tentunya tak boleh dilewatkan begitu saja.

Menu bakaran dengan hidangan manis dari ubi dan singkong bakar dapat menjadi pilihan. Anda tak perlu menambahkan saus apapun ke dalamnya. Sementara singkong bakar cocok dinikmati dengan sambal terasi atau jenis sambal dadakan apapun.  

Sajian ubi dan singkong bakar pada tahun baru juga akan semakin terasa nikmat jika dihidangkan bersama dengan secangkir kopi atau teh hangat. Kombinasi makanan dan minuman tersebut terasa sempurna untuk menjadi alternatif bakaran bersama keluarga dan kerabat.

3. Sayuran panggang

Masyarakat Indonesia sering kali mengadakan acara bakaran menggunakan daging seperti sapi atau ayam, untuk menekan kolestrol Anda dan menjaga keseimbangan asupan gizi, tak ada salahnya jika mulai mencoba gunakan sayuran untuk dipanggang. .

Ada beberapa jenis sayuran yang tak kalah lezat saat diolah dengan cara dipanggang. Anda bisa mencoba beberapa jenis sayuran seperti asparagus, jamur, paprika, bawang bombay, tomat, mentimun, dan terong ungu.

Dari sayuran tersebut, Anda bisa coba membuat sate sayuran yang lezat dengan dicampurkan saus barbeque.

Supaya makin enak, pada resep sayuran bakar dapat ditambahkan siraman campuran minyak zaitun dan herba. Berikut resep bakaran sayur yang bisa Anda coba dan mudah untuk dimodifikasi sesuai selera.

Bahan:
-3 buah paprika merah, buang bijinya dan belah dua
-3 buah labu kuning (total sekitar 1 pon atau 453 gr), iris jadi persegi panjang setebal 1,3 cm
-3 buah zukini (total sekitar 12 ons atau 340 gr), iris jadi  persegi panjang setebal 1,3 cm
-3 buah terong Jepang (total 12 ons atau 340 gr), iris jadi persegi panjang setebal 1,3 cm
-12 buah jamur kancing
-1 ikat asparagus, potong-potong
- 6 buah tahu putih, potong kotak
-12 buah daun bawang, potong akarnya
-1/4 cup (62,5 ml) dan 2 sendok makan minyak zaitun -Garam dan lada hitam giling kasar
-3 sendok makan cuka balsamik
-3 buah bawang bombay
-2 siung bawang putih, cincang
-1 sendok teh daun peterseli segar, cincang
-1 sendok teh daun kemangi (basil) segar, cincang
-1/2 sendok teh daun rosemary segar, cincang halus (opsional)
- 3 sdm bumbu barbeku
- 2 sdm minyak zaitun
- 1 buah jeruk nipis, belah dua
- 1 sdt kaldu jamur

Cara membuat:
1. Potong semua sayuran sesuai selera. Tusuk dengan menggunakan tusukan sate. Polanya bisa disesuaikan dengan selera.

2. Panaskan api untuk memanggang. Jika alat panggangan sudah mulai panas, atur semua sayuran yang sudah ditusuk dan olesi dengan bahan bumbu. Biarkan sampai matang dan bumbu meresap.

3. Setelah panggangan cukup panas, susun sayuran dan panggang secara bertahap. Panggang sayuran sampai empuk dan sedikit hangus. Bakar sekitar 8 -10 menit untuk paprika; 7 menit untuk labu kuning, zukini, terong, dan jamur; dan 4 menit untuk asparagus dan daun bawang.(M-3)

Baca Juga

Unsplash/ Jefferson Santos

Ini Jenis Pekerjaan Paling Dicari di Darknet

👤Putri Rosmalia 🕔Rabu 01 Februari 2023, 20:30 WIB
Umumnya, kualifikasi pekerjaan yang dicari termasuk membuat halaman malware dan phising, membahayakan infrastruktur perusahaan, meretas...
Instagram @gitacintadarismafilm

Tujuh Film Indonesia di Bioskop Februari Ini

👤Fathurrozak 🕔Rabu 01 Februari 2023, 20:20 WIB
Film drama dan horor mendominasi layar bioskop pada Februari...
ANTARA/Livia Kristianti

Kitkat Gandeng Aerostreet Rilis Sepatu Edisi Valentine

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 01 Februari 2023, 05:30 WIB
Warna merah yang menjadi ciri khas Kitkat mendominasi tampil sepatu ini, ada juga sentuhan warna putih dan cokelat melengkapi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya