Rabu 07 Desember 2022, 07:35 WIB

Operasi Pertama oleh Robot Berhasil Dilakukan di Inggris

Devi Harahap | Weekend
 Operasi Pertama oleh Robot Berhasil Dilakukan di Inggris

Jeff PACHOUD/ AFP
Ilustrasi: robot dapat membantu dokter di ruang operasi

 

Sebuah robot berhasil mengangkat tumor kanker dari tenggorokan seorang pria berusia 61 tahun. Hal ini menjadi inovasi operasi pertama di Inggris yang dilakukan teknologi robot.  

Ahli bedah di Gloucestershire Royal Hospital (GRH) menggunakan robot generasi terakhir bernama Versius selama esofagektomi (operasi tenggorokan) untuk mengangkat tumor berukuran 5,8 cm dari pasien bernama Martin Nugent.

Prosedur yang dilakukan oleh robot ini merupakan bentuk operasi dengan akses minimal karena sayatan yang dibuat lebih kecil, selain itu untuk mengurangi komplikasi, bekas luka dan rasa sakit pasca operasi.

"Mendapat kesempatan kedua untuk melihat cucu-cucu saya, anak-anak saya dan istri saya sangat berarti bagi saya. Tim di GRH menyelamatkan hidup saya dan saya sangat berterima kasih kepada mereka karena telah melakukannya," kata Nugent seperti dilansir dari Daily Mail Senin (5/12).

"Tahun lalu, saya sangat kesakitan sehingga saya tidak bisa makan malam di Hari Natal. Saya kehilangan 20 kilogram (kg) dengan cepat. Sekarang, saya sangat bersyukur diberi kesempatan untuk menikmati Natal lagi," lanjutnya.

Robot itu dirancang oleh produsen perangkat medis Inggris CMR Surgical. Kombinasi alat dan tangan ahli, serta kombinasi penglihatan HD 3D yang disempurnakan, memberi ahli bedah tingkat presisi yang tinggi saat melakukan prosedur operasi yang kompleks.

"Dengan tingkat presisi dan kontrol yang tinggi, ahli bedah dapat melakukan prosedur laparoskopi yang lebih kompleks," kata CMR Surgical di situs webnya.

"Kami tahu bahwa operasi akses minimal meningkatkan hasil bagi pasien dan dapat mengarah pada pemulihan yang lebih cepat, dan robot bedah membantu memungkinkan pendekatan akses minimal," lanjutnya.

Alat ini memiliki desain yang ringan dan modular yang memungkinkannya dipindahkan dengan mudah antar departemen. Ini juga menggunakan 'teknologi v-wrist' yang dapat digunakan secara virtual di ruang operasi manapun.

Robot tersebut dipasang tahun lalu dan GRH menjadi rumah sakit Layanan Kesehatan Nasional (NHS) pertama di Inggris yang memulai program Bedah Gastrointestinal (GI) menggunakan robot tersebut. (M-3)

 

Baca Juga

Dok. Media Indonesia Publishing

Perihal Kopi Nusantara

👤Pro/M-2 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 08:15 WIB
KOPI bukan hanya sekadar biji tumbuhan bercita rasa khas. Kopi digemari dan dicari sebagai sumber kepuasan dan...
MI/Duta

Mendobrak Dominasi lewat Koplo

👤Putri Rosmalia 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 08:10 WIB
Dangdut koplo disebut sang penulis mewakilkan semangat 'oplosan' karena mencampurkan berbagai hal menjadi sebuah genre dangdut...
DOK IST

De Margo Tambah List Tempat Nongkrong di Jaksel

👤Gana Buana 🕔Jumat 03 Februari 2023, 19:10 WIB
Saat ini menu makanan Italia seperti pasta dan pizza memang sudah cukup dikenal di masyarakat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya