Kamis 17 November 2022, 16:00 WIB

Wanita Sebaiknya Berolahraga di Pagi Hari, Mengapa?

Nike Amelia Sari | Weekend
Wanita Sebaiknya Berolahraga di Pagi Hari, Mengapa?

Unsplash/ Andrew Tanglao
Perempuan yang berolahraga pagi hari memiliki risiko rendah penyakit jantung.

 

WANITA yang berolahraga di pagi hari memiliki risiko lebih rendah menderita gangguan jantung atau stroke, berdasarkan hasil dari studi terbaru. Hasil tersebut didapat penelitian terhadap lebih dari 85.000 orang. 

Para responden dalam penelitian ini diberi pelacak kebugaran selama seminggu. Mereka dibagi menjadi empat kelompok, termasuk mereka yang paling aktif di pagi hari, sekitar jam 8 pagi, dan mereka yang paling aktif di sekitar jam 10 pagi. Dua kelompok lainnya berisi orang-orang yang paling aktif pada siang hari dan pada malam hari sekitar pukul 19.00.

Orang-orang yang berolahraga di pagi atau menuju siang hari ditemukan memiliki risiko lebih rendah terkena masalah jantung, termasuk serangan jantung, bentuk paling umum dari angina (nyeri dada yang berasal dari jantung) dan penyakit jantung koroner. Mereka yang berolahraga di pagi hari lebih kecil kemungkinannya terkena stroke.

"Sudah terbukti bahwa olahraga baik untuk kesehatan jantung, dan penelitian tersebut sekarang menunjukkan bahwa aktivitas pagi tampaknya paling bermanfaat. Temuan ini sangat menonjol pada wanita," kata Gali Albalak, yang memimpin penelitian dari Pusat Medis Universitas Leiden di Belanda tersebut, seperti dikutip dari Dailymail.co.uk, Selasa (15/11).

Studi yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology ini mengamati orang berusia 42 hingga 78 tahun yang tidak pernah menderita penyakit kardiovaskular dan telah mendaftar ke studi kesehatan Biobank Inggris. Setelah waktu latihan dicatat, para responden tetap dipantau kebugarannya selama enam sampai delapan tahun, selama waktu itu 2.911 orang mengalami masalah jantung dan hampir 800 mengalami stroke.

Membandingkan waktu aktivitas puncak dalam periode 24 jam, tim peneliti menemukan bahwa responden yang paling aktif antara pukul 08.00 - 11.00 pagi memiliki risiko terendah untuk penyakit jantung dan stroke.

Orang yang berolahraga sebagian besar di pagi hari memiliki kemungkinan 16 persen lebih kecil untuk mengalami masalah jantung, dan 17 persen lebih kecil kemungkinannya terkena stroke dibandingkan orang yang paling aktif di siang hari.

Ketika hasilnya dianalisis secara terpisah untuk pria dan wanita, tim menemukan bahwa wanita mendapat manfaat yang signifikan dari olahraga paling banyak di pagi hari, sementara pria tidak. Wanita yang paling aktif di pagi atau sore hari memiliki risiko masalah jantung lebih dari seperlima lebih rendah daripada mereka yang berolahraga sekitar tengah hari. (M-1)

Baca Juga

MI/Fathurrozak

Neck Deep Anggap Indonesia Sebagai Tempat Paling Spesial

👤Fathurrozak 🕔Minggu 27 November 2022, 09:00 WIB
Neck Deep tampil di Soundrenaline 2022, Allianz Eco Park Ancol, Jakarta Utara, Sabtu,...
MI/Tiyok

Jon Bodo: Ngibul

👤Tiyok 🕔Minggu 27 November 2022, 05:55 WIB
HALAH ngibul aja lo...
Butet K

Bung Sentil: Sumber Rejeki

👤Butet K 🕔Minggu 27 November 2022, 05:35 WIB
ORANG teriak-teriak demo tuh ingin semuanya jadi lebih baik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya