Jumat 11 November 2022, 19:20 WIB

Lima Hal Baru di Malam Anugerah FFI 2022

Fathurrozak | Weekend
Lima Hal Baru di Malam Anugerah FFI 2022

MI/ Fathurrozak
Konfrensi Pers Piala Citra Festival Film Indonesia 2022 di Jakarta, JUmat (11/11).

 

PERHELATAN Malam Anugerah FFI 2022 akan berlangsung di Plenary Hall JCC Jakarta pada 22 November. Dalam penyelenggaraan tahun ini, akan ada beberapa pembaruan sebagai bentuk penyempurnaan dari penyelenggaraan tahun lalu. Berikut beberapa detail pembaruannya:

 

1. Pembacaan nominasi dan pemenang oleh perempuan.

Tahun ini, FFI 2022 mengambil tema Perempuan, Citra, Karya, dan Karsa. Dalam menyelaraskan dengan tema, Komite FFI 2022 telah memutuskan para pembaca nominasi dan pemenang semuanya adalah perempuan pekerja film.

 

2. Penghargaan seumur hidup dipilih dewan khusus.

Berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya, FFI 2022 akan memberikan penghargaan seumur hidup bagi insan film atas dasar kurasi dari dewan khusus bernama juri pengabdian seumur hidup untuk film. Di departemen ini diisi oleh Budiyati Abiyoga, Jajang C. Noer, dan Widyawati.

 

“Ini baru digagas tahun ini. Agar penghargaan ini tidak dipilih oleh komite FFI. Tapi berdasar mereka yang pernah meraih penghargaan ini, lalu berkumpul dan menentukan figur yang sesuai. Karena mereka tentunya lebih memahami jejak para senior film yang ada saat ini,” kata Ketua Komite FFI 2021-2023 Reza Rahadian dalam konferensi pers di gedung A Kemendikbudristek, Jakarta, Jumat, (11/11).

 

 

3. Perubahan nama nominasi

Tahun lalu, kategori pilihan penonton yang ditempuh melalui pemungutan suara (voting) publik, bernama film favorit, aktor dan aktris favorit. Tahun ini, setelah melalui diskusi grup terarah, nama nominasi berganti menjadi film pilihan penonton, aktor dan aktris pilihan penonton.

 

4. Kritik terbaik mendapat kesempatan pidato.

 

Tahun lalu, nominasi kritik film dihadirkan untuk pertama kalinya. Sayangnya, pemenang tidak mendapat kesempatan untuk menyampaikan pidato kemenangan di atas panggung. Hal itu bakal berubah tahun ini.

 

“Ada tiga kategori baru yang dihadirkan sejak tahun lalu. Yakni kritik terbaik, aktor dan aktris pilihan penonton, dan film pilihan penonton. Soal pidato kemenangan, semua pemenang akan mendapat kesempatan. Termasuk tiga kategori baru ini. Ini sudah kami ulas di diskusi dan saat penyusunan acara malam anugerah untuk FFI 2022,” kata Reza.

 

5. Undangan untuk insan perfilman.

Tahun lalu, para undangan di malam anugerah FFI 2021 hanya bagi para penerima nominasi. Namun, tahun ini seiring kebijakan pembatasan sosial yang sudah lebih longgar, memungkinkan Komite FFI mengundang para insan film tidak hanya terbatas pada penerima nominasi.

 

Sebab itu, lokasi penyelenggaraan pun berpindah ke tempat yang lebih besar. Jika tahun lalu menempati Assembly Hall JCC, FFI 2022 mengambil tempat di Plenary Hall JCC. (M-1)

Baca Juga

Dok. Jek

Melacak Jejak Fotografi Indonesia di Galeri Nasional Singapura

👤Fathurrozak 🕔Selasa 06 Desember 2022, 13:49 WIB
Pameran Living Pictures Photography in Southeast Asia berlangsung pada 2 Desember 2022 hingga 20 Agustus 2023 di Galeri Nasional...
Dok. Kawan-kawan Media

Permainan Ruang dalam Pementasan Setelah Lewat Djam Malam

👤Fathurrozak 🕔Selasa 06 Desember 2022, 13:15 WIB
Lakon Setelah Lewat Djam Malam menghadirkan permainan ruang dengan menyilangkan para aktornya di antara ruang panggung dan...
MI/Fathurrozak

USS 2022, Bukan lagi Sekadar Pesta Sneaker

👤Fathurrozak 🕔Selasa 06 Desember 2022, 08:47 WIB
Pada gelaran 2019, USS berhasil mendatangkan 47 ribu pengunjung dalam tiga hari dengan total transaksi mencapai Rp25...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya